Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung

Siti Muawanah, Ana (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung” yang ditulis oleh Siti Muawanah, NIM. 3217113095, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing: Dr. Eny Setyowati, M.M. Kata kunci : Metode Group Investigation (GI), Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah biasanya kita temui siswa-siswi mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, siswa perlu mengerjakannya, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode mengajar yang tepat dan efektif. Metode Group Investigation (GI) sebagai salah satu metode belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi kenampakan dan pengaruh matahari pada pagi, siang, dan sore hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah penerapan metode Group Investigation (GI) materi kenampakan dan pengaruh matahari pada pagi, siang, dan sore hari pada siswa kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung?, 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi kenampakan dan pengaruh matahari pada pagi, siang, dan sore hari pada siswa kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi kenampakan dan pengaruh matahari pada pagi, siang, dan sore hari pada siswa kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi kenampakan dan pengaruh matahari pada pagi, siang, dan sore hari pada siswa kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas II MIN Pandansari tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 32 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah tes prestasi belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran menggunakan metode Group Investigation (GI) yaitu dengan menggunakan langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 2) Penerapan pembelajaran menggunakan metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok kenampakan dan pengaruh matahari pada pagi, siang, dan sore hari siswa kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil pre test 52.25, pada siklus I menjadi 77.09, dan pada siklus II naik menjadi 81.87. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 16.12%, pada siklus I menjadi 83.87% dan pada siklus II naik menjadi 87.50%. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran diatas. Berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Group Investigation (GI ) dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ana muawanah
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:00
Last Modified: 03 Aug 2015 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item