Penguatan Kematangan sosial Mahasiswa Melalui KKN dalam buku Perjuangan Memberdayakan Masyarakat

As'aril Muhajir, 196801292000031001 (2017) Penguatan Kematangan sosial Mahasiswa Melalui KKN dalam buku Perjuangan Memberdayakan Masyarakat. In: Perjuangan Memberdayakan Masyarakat. IAIN Tulungagun Press, Tulungagung, pp. 33-37. ISBN 978-602-61824-2-5

[img] Text
Perjuangan Memberdayakan Masyarakat.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK KKN merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi pada ranah pengabdian kepada masyarakat. Dua ranah lainnya adalah pendidikan dan penelitian. Pendidikan berlangsung selama 4 tahun sesuai dengan bidang fakultas dan program studi yang ditempuh, dan penelitian ditransformasikan secara teoritis dan praktis baik yang berjenis penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Sedangkan dharma pengabdian kepada masyarakat bersifat lebih nyata. Pada dharma ini dapat dibuktikan secara kongkrit bahwa ilmu yang diperoleh di perkuliahan tidak secara otomatis bisa diaplikasikan di masyarakat. Kampus adalah komunitas sosial yang terdiri dari beberapa komponen, seperti dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Masing-masing komponen memiliki karakter sosial yang berbeda. Karakter dosen dipengaruhi oleh faktor internal serta faktor eksternal seperti lingkungan di mana dosen tersebut tinggal maupun ketika ia menyelesaikan pendidikannya hingga menjadi dosen. Karakter mahasiswa dipengaruhi oleh asal geografis dan latar belakang kehidupan keluarganya. Sedangkan karakter tenaga kependidikan tidak jauh berbeda dengan penyebab bervariasinya karakter dosen dan mahasiswa. Heterogenitas ini menjadi penyebab kehidupan sosial di kampus menjadi kompleks. Dalam program KKN, masyarakat adalah mitra belajar mahasiswa. Ilmu yang diperoleh mahasiswa di kampus seyogyanya dapat menjadi bekal untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Kegiatan ini penting dalam rangka mendewasakan mahasiswa yang pada gilirnnya akan menjadi bagian dari masyarkat. Selain itu, mahasiswa juga hendaknya memahami karakteristik masyarakat tempat ia melaksanakan program KKN itu. Jika di kampus mahasiswa memperoleh sejumlah ilmu secara teoritis, maka dalam KKN mereka diuji untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat. Dalam hal ini, mahasiswa hendaknya memperhatikan tiga hal yaitu pemanfaatan potensi yang dimiliki, penggunaan strategi yang tepat dalam berinteraksi dan bersosialisasi, dan tidak bersikap dan berperilaku NATO (No Action Talk Only). Dengan demikian, program KKN dapat menjadi wahana untuk menguatkan kematangan sosial mahasiswa dalam bermasyarakat.

Item Type: Book Section
Subjects: Buku
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. H. As'aril Muhajir, M.Ag
Date Deposited: 07 Jun 2020 13:10
Last Modified: 07 Jun 2020 13:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item