PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Multisitus di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Kota Kediri dan Madrasah Ibtida’iyah Negeri 2 Kota Kediri)

ARI SUSETIYO, 12505174006 (2020) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Multisitus di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 Kota Kediri dan Madrasah Ibtida’iyah Negeri 2 Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK ARI SUSETIYO, 2019. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Multisitus di MIN 1 Kota Kediri dan MIN 2 Kota Kediri) ” Tesis, Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah. Pembimbing Drs. H.Muwahidsulhan M.Ag. dan Dr.Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembiasaan, Keteladanan Semakin majunya peradaban dan kebudayaan manusia, ternyata kemajuan itu mempunyai dampak yang besar pula terhadap karakter anak, penerapan pendidikan karakter sangat diperlukan disekolah, agar tidak terjadi lost generation, yaitu hilangnya generasi bangsa yang berkarakter, cinta tanah air dan religius. Dari fenomena tersebut, penulis mencoba untuk dapat menganalisa Penelitian dilakukan di MIN Bandar Kidul Kota Kediri, Adapun dalam penelitan ini tujuan yang ingin dicapai yaitu pertama, bagaimana pendidikan karakter berbasis pembiasaan di MIN 1 Kota Kediri dan Pembiasaan Pendidikan karakter di MIN 2 Kota Kediri? Kedua, Bagaimana Pendidikan Karakter berbasis keteladanan di MIN 1 Kota Kediri dan keteladanan di MIN 2 Kota Kediri? , ketiga bagaimana keberhasilan pendidikan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan di MIN 1 Kota Kediri dan di MIN 2 Kota Kediri? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif,jika ditinjau dari sudut kemampuan atau bias dibilang bias memberikan informasu atau penjelasan termasuk penelitan deskriptif. Jenis penelitiannya menggunakan 3 point yaitu : place, person, paper. Dari peserta didik, guru,walikelas, kepala madrasah, dan semua elemen yang ada dilingkup Madrasah. Teknik pengumpulan data juga menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Analisis melalui pengumpulan data dan juga dibuat catatan-catatan penting deskripsi. Hasil penelitiannya adalah (1) pendidikan karakter berbasis pembiasaan di MIN 1 Kota Kediri dan di MIN 2 Kota Kediri sudah terterwujud melalui pembiasaan, kegiatan sholat dhuha, baris berbaris sebeluam masuk kelas, hafalan asmaul husna dan hafalan surat-surat pendek tertentu (2) Dengan adanya keteladanan guru di MIN 1 dan MIN 2 Kota Kediri peserta didik mempunyai karakter NasionalismeReligius, (3) Keberhasilan pendidikan karakter berbasi pembiasaan dan keteladanan di MIN 1 Kota Kediri dan di MIN 2 Kota Kediri yang diantaranya cinta tanah air,religius, jujur,bertanggung jawab, mandiri,humanis, cinta lingkungan, dan mempunyai akhlak yang baik. pendidikan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan yang ada di sekolah dasar / Madrasah Ibtida’iyah sangat penting, karena mereka adalah anak yang masuk golden age (usia emas), dalam arti anak harus diberi contoh dan melaksanakan hal-hal yang baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174006 ARI SUSETIYO
Date Deposited: 02 Jun 2020 10:14
Last Modified: 02 Jun 2020 10:14
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item View Item