Pengaruh Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Islam Durenan Trenggalek

Arisma Zahrotun, Nisa, (2014) Pengaruh Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Islam Durenan Trenggalek. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Brain Gym, Hasil belajar matematika. Pembelajaran matematika saat ini masih terdapat guru yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional, yakni masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru, seperti halnya ceramah. Akibatnya keaktifan dan juga peran dari siswa dalam pembelajaran dikelas tidaklah nampak. Berkaitan dengan masalah ini, maka diperlukan suatu upaya yang nyata untuk menggunakan metode pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk lebih konsentrasi dalam setiap kali proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat menjadikan siswa menjadi lebih konsentrasi adalah Brain Gym (senam otak). Dalam Brain Gym ini melibatkan beberapa titik penting yang berkaitan langsung dengan saraf-saraf otak, berfungsi untuk memudahkan pernapasan, memperlancar peredaran darah, menyegarkan dan melemaskan otak. Dilakukan untuk memudahkan danmembantu kegiatan belajar, hambatan berpikir, membangun harga diri, mengurangi stres, rasa kebersamaan dan sebagainya. Perlakuan Brain Gym diberikan sesuai dengan gerakan-gerakan khusus sebagai penggerak kecerdasan Matematis (Saklar Otak, Kait Rileks, Tombol Bumi, Tombol Angkasa, Tombol Imbang, PasangTelinga, Pompa Betis, Gajah, Putaran Leher, Luncuran Gravitasi dan Burung Hantu). Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui adanya pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Islam Durenan Trenggalek. 2. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Islam Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 172 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan Purpossive Sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B dan VII C dengan jumlah siswa 66 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post tes, wawancara, dokumentasi serta observasi. Post tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa SMP Islam Durenan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai keadaan pembelajaran matematika di sekolah, jumlah guru, karyawan dan siswa, tata letak bangunan sekolah serta foto-foto penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu xvii normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Durenan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung= 2,621 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan diberikan latihan Brain Gym dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Sedangkan besarnya pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VII di SMP Islam Durenan Trenggalek sebesar 66,03 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh Brain Gym terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Durenan Trenggalek, dengan besar pengaruh 66,03 %”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 May 2015 07:26
Last Modified: 04 May 2015 07:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item View Item