PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS XI DPIB 1 SMK SORE TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF TAHUN AJARAN 2019/2010

MAYA AYU ANGGREINI SAPUTRI, 17204163060 (2020) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS XI DPIB 1 SMK SORE TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF TAHUN AJARAN 2019/2010. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa Kelas XI DPIB 1 SMK Sore Tulungagung dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Kognitif Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Maya Ayu Anggreini Saputri, NIM. 17204163060, pembimbing Dr. Maryono, M. Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Pemahaman Prosedural, Gaya Kogniti, Field Independent, Field Dependent. Dalam menyelesaikan masalah matematika siswa seringkali mengalami kesulitan dan ketidakpahaman. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep matematika, ketika siswa dapat menyelesaikan dengan benar masalah matematika yang sama dengan apa yang dicontohkan oleh guru akan tetapi ketika diberikan masalah yang sedikit diubah siswa kesulitan menyelesaikannya. Selain itu dikarenakan oleh lemahnya pemahaman prosedur, dimana ketika siswa berhasil menyelesaikan dengan benar masalah matematika yang sama dengan apa yang dicontohkan oleh gurunya, akan tetapi ketika diberi masalah baik itu yang sama dengan contoh maupun sedikit dimodifikasi siswa selalu bertanya urutan tiap langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut kepada gurunya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa kelas XI DPIB 1 dengan gaya kognitif Field Independent dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV, (2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual dan prosedural siswa kelas XI DPIB 1 dengan gaya kognitif Field Dependent dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMK Sore Tulungagung. Peneliti mengambil subjek penelitian berdasarkan gaya kognitif yang berbeda yaitu field independent dan field dependent. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, tes psikiatrik, tes pemahaman, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temua dapat dilihat dari ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pemahaman konseptual siswa dengan gaya kognitif field independent memenuhi semua indikator pemahaman konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan noncontoh, menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait, dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip. Siswa dengan gaya kognitif field independent juga memenuhi semua indikator pemahaman prosedural yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, dan pengetahuan dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat dan efisien. (2) Pemahaman konseptual siswa dengan gaya kognitif field dependent tidak memenuhi semua indikator pemahaman konseptual yaitu mengidentifikasi fakta-fakta yang berkaitan, mengenali contoh dan noncontoh, menafsirkan tanda-tanda, simbol, dan istilah, memanipulasi ide-ide terkait, dan menyempurnakan hubungan konsep dan prinsip. Karena pemahaman konseptual tidak terpenuhi siswa dengan gaya kognitif field dependent juga tidak memenuhi semua indikator pemahaman prosedural yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan benar, dan pengetahuan dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, tepat dan efisien.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163060 Maya Ayu Anggreini Saputri
Date Deposited: 20 Mar 2020 06:54
Last Modified: 25 Mar 2020 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14849

Actions (login required)

View Item View Item