IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DWI KHOIROTUL FAIZAH, 17205163218 (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (500kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler Hadrah di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Khoirotul Faizah, NIM. 17205163218. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo M.A. Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, ekstrakurikuler hadrah. Pendidikan karakter sangat diperlukan di sekolah, meskipun dasar dari pendidikan karakter adalah keluarga. Pada hadrah terkandung beberapa nilai yang terkait dengan aspek pendidikan seperti Ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter). Di sekolah SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, pendidikan tidak hanya ditanamkan melalui mata pelajaran di dalam kelas, akan tetapi juga dalam kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Program ekstrakurikuler hadrah merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya sekolah menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Fokus penelitian dalam skripsi adalah, (1) Bagaimana implementasi nilai karakter religius yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah?, (2) Bagaimana implementasi nilai karakter disiplin yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah?, (3) Bagaimana implementasi nilai karakter tanggung jawab yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah?, (4) Bagaimana implementasi nilai karakter kerja sama yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter religius yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter disiplin yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah, (3) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter tanggung jawab yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah, (4) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter kerja sama yang terbentuk dalam diri siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil penelitian di SD Islam Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Implementasi nilai karakter religius siswa melalui program ekstrakurikler hadrah dengan menerapkan: berdoa sebelum dan sesudah berlatih ekstrakurikuler hadrah, selalu mengucapkan syukur, mengucapkan salam ketika masuk ke dalam ruangan, mengikuti kegiatan hari-hari besar Islam (2) Implementasi nilai karakter disiplin siswa melalui program ekstrakurikuler hadrah dengan menerapkan: tepat waktu, konsistensi tempat duduk, (3) Implementasi nilai karakter tanggung jawab siswa dengan menerapkan: mengambil/mengembalikan barang, mengadakan suatu kesepakatan bersama mengenai aturan dalam ekstrakurikuler hadrah, (4) Implementasi nilai karakter kerja sama siswa dengan menerapkan: memberikan praktek, interaksi sosial, dan siswa terlihat kompak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163218 Dwi Khoirotul Faizah
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:15
Last Modified: 09 Sep 2020 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item View Item