HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TULUNGAGUNG

SITI QORI’AH, 17306153036 (2020) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (762kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Qori’ah, 17306153036, 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muh. Sholihudin Zuhdi, M. Pd. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar Pola asuh yang permisif cenderung akan menghasilkan anak yang manja, kurang percaya diri, menang sendiri, salah pergaulan, dan kurang kontrol dari orang tua. Jenis pola asuh ini membiarkan anak begitu saja tanpa pengawasan dan pembinaan. Pola asuh orang tua di harapkan oleh seorang anak yang akan bisa membantu di dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya serta memberikan arahan hingga mampu mempengaruhi perkembangan kepribadian dan keberhasilan anak dalam pendidikannya. Orang tua yang tidak peduli terhadap anak, sebagiannya disebabkan adanya kesibukan diri orang tua tanpa memikirkan hak anak dan melupakan amanah Tuhan untuk memberikan edukasi baik secara formal maupun informal, sehingga orang tua banyak yang berbuat tidak mau tahu serta tidak mau memikirkan bagaimana seharusnya pendidikan yang harus di berikan baik berupa budi pekerti dirumah ataupun wajib belajarnya disekolah maupun di madrasah. Hal ini mengakibatkan anak tidak termotivasi dalam belajar di sekolah, misal tidak mengerjakan tugas sekolah, tidak maubelajar, bahkan membolos saat jam sekolah. Perilaku selalu ingin berbuat semau hatinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter terhadap disiplin belajar siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tulungagung, (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua demokratis terhadap disiplin belajar siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tulungagung, (3) Apakah ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar dua variabel atau lebih. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pola Asuh Orang Tua (X) dan Displin Belajar (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah 294 sampel yang merupakan siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana dan uji t, yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji linieritas dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pola asuh otoriter dengan disiplin belajar berdasarkan hasil uji hipotesis nilai rsebesar 1,643 dan nilai signifikansi <0,05. Terdapat hubungan positif antara pola asuh demokratis dengan disiplin belajar berdasarkan hasil uji hipotesisi nilai r sebesar 12,159 dan nilai signifikansi <0,05. Selanjutnya, terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa berdasarkan hasil uji hipotesisi nilai r sebesar 0,841 dan nilai signifikansi <0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306153036 SITI QORI’AH
Date Deposited: 13 Mar 2020 08:06
Last Modified: 13 Mar 2020 08:06
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item