Peer Review Prosiding dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Power Point VBA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Umy Zahroh, 020 (2018) Peer Review Prosiding dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Power Point VBA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. UIN Malang Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami), Malang.

[img] Text
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika172.pdf

Download (446kB)
Official URL: http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMA...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Visual Basic Application for Power point (Power point VBA) materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Selain itu juga untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika dengan Power point VBA yang layak diterapkan sebagai media pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahap pengembangan media pembelajaran terdiri dari: Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi untuk ahli media dan materi, angket respon guru, respon peserta didik dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa media pembelajaran matematika telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Kevalidan didasarkan pada validasi ahli media dengan skor 4.27 (sangat baik) dan validasi ahli materi yang mendapatkan skor 4.07 (baik). Kepraktisan media dilihat dari penilaian angket respon guru dengan persentase rata-rata 86.4% dengan kategori baik. Keefektifannnya dapat dilihat dari respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Persentase respon peserta didik sebesar 79.83% dan hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 96.88%.

Item Type: Other
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: 196907192000032002 Umy Zahroh
Date Deposited: 17 Mar 2020 05:16
Last Modified: 17 Mar 2020 05:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item