PENGARUH FOCUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PENGGUNA KOSMETIK WAJAH DI SEKOLAH KELAS XII SMKN 2 BLITAR

ILMIANA KHOIRUN NAVISA, 17306153003 (2020) PENGARUH FOCUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA PENGGUNA KOSMETIK WAJAH DI SEKOLAH KELAS XII SMKN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilmiana Khoirun Navisa, 2020. “Pengaruh Focus Group Discussion Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pengguna Kosmetik Wajah Di sekolah Kelas XII SMKN 2 Blitar” Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Institut Agama Islam (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Febranti Putri Navion, M.Pd. Kata kunci: Teknik Focus Group Discussion, Kedisiplinan Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kurangnya kedisiplinan siswa dalam menjalankan tata tertib sekolah pada penggunaan kosmetik di sekolah. Seorang siswa yang tidak dapat menjalankan peraturan yang berlaku tidak dapat mengatur dirinya sesuai dengan peraturan yang ada dan dapat memicu sikap yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku yang dia tempati. Pemberian hukuman atas pelanggaran yang dilakukan sudah tidak efektif lagi dalam mengatasi permasalahan tersebut. Maka perlu adanya suatu metode baru untuk mengurangi masalah tersebut. Dilatarbelakangi fenomena tersebut peneliti memiliki metode untuk mengurangi permasalahan yang dikaji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh focus group discussion untuk meningkatkan kedisiplinan siswa pengguna kosmetik wajah di sekolah kelas XII SMKN 2 Blitar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh focus group discussion untuk meningkatkan kedisiplinan siswa pengguna kosmetik wajah di sekolah kelas XII SMKN 2 Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen True Experimental Design (Pretest-Posttest Control Group Design) dengan subjek 52 siswa kelas 12 SMKN 2 Blitar jurusan Pemasaran, yang dipilih sesuai kriteria yang dikaji. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen skala likert kedisiplinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari teknik pengaruh focus group discussion untuk meningkatkan kedisiplinan siswa yang memperoleh intervensi berupa pemberian diskusi kelompok yang dianalisis menggunakan SPSS 20 melalui uji t-test didapatkan hasil 0,000. Berdasarkan dari analisis data diketahui terdapat pengaruh yang signifikan teknik focus group discussion untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dengan hasil penelitian P (0,000) ≤ (0,05) pada taraf signifikansinya 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik focus group discussion untuk meningkatkan kedisiplinan pada siswa pengguna kosmetik wajah disekolah kelas XII SMKN 2 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306153003 ILMIANA KHOIRUN NAVISA
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:59
Last Modified: 16 Mar 2020 04:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item