PERSEPSI MAHASISWI IAIN TULUNGAGUNG TENTANG LABEL HALAL PADA KOSMETIK

SEPTY NILA TRIANAWATI, 17101163038 (2020) PERSEPSI MAHASISWI IAIN TULUNGAGUNG TENTANG LABEL HALAL PADA KOSMETIK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)

Abstract

ABSTRAK Septy Nila Trianawati, 17101163038, Persepsi Mahasiswi IAIN Tulungagung tentang Label Halal Pada Kosmetik. Skripsi. Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Nur Fadhilah, S.H.I, M. H. Kata kunci: Persepsi, Label Halal, Kosmetik. Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan dampak pada berbagai sektor industri. Pertumbuhan ekonomi yang meluas baik pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri bersaing dengan ketat, sehingga kegiatan ekspor impor barang tidak dapat dibendung lagi. Banyaknya barang dan jasa yang ditawarkan membuat konsumen memerlukan jaminan atas produk yang beredar. Jaminan ini tidak hanya pada produk makanan saja tetapi juga pada produk lain salah satunya kosmetik. Kosmetik aman yang beredar di pasaran dapat dilihat dengan adanya label halal, berdasarkan hal tersebut peneliti ingin membahas tentang persepsi mahasiswi IAIN Tulungagung tentang label halal pada kosmetik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana persepsi mahasiswi IAIN Tulungagung tentang label halal pada kosmetik? (2) Bagaimana implikasi persepsi mahasiswi IAIN Tulungagung tentang label halal terhadap pemilihan produk kosmetik? Tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mengetahui persepsi mahasiswi IAIN Tulungagung tentang label halal pada kosmetik dan (2) Untuk mengetahui implikasi persepsi Mahasiswi IAIN Tulungagung tentang label halal terhadap pemilihan produk kosmetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris atau sosiologis. Sumber data diambil dari data primer yakni melalui wawancara dan data sekunder diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya. Teknik pengumpulan data dikumpulkan berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan descriptive analysis. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) Persepsi mahasiswi IAIN Tulungagung tentang label halal pada kosmetik terdapat 3 pendapat, yaitu: sebagai tanda suatu kosmetik tidak mengandung unsur haram dan aman digunakan bagi konsumen, produk yang sudah mendapat ijin BPOM, label yang diperoleh dari MUI (2) Persepsi mahasiswi IAIN Tulungagung tidak berimplikasi terhadap pemilihan produk kosmetik. Keterlibatan mahasiswi untuk memilih produk kosmetik, dipengaruhi 4 faktor yaitu: sebagai bentuk ekspresi diri (self expressive), aspek hedonisme (hedonic importance), relevansi praktis (practical relevance) dan resiko pembelian (purchase risk), sehingga label halal pada produk kosmetik jarang diperhatikan oleh para mahasiswi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163038 SEPTY NILA TRIANAWATI
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:56
Last Modified: 09 Mar 2020 04:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14746

Actions (login required)

View Item View Item