PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

SAPTO TRI PAMUNGKAS, 17201163111 (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMPN 2 Kalidawir Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Sapto Tri Pamungkas, NIM. 17201163111 , yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung tidak semua siswa memperhatikan penjelasan dari guru, ketika guru memberikan pengarahan tidak semua siswa merespon dengan baik. Metode yang biasanya digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan diskusi, meskipun sudah menggunakan metode diskusi namun proses pembelajaran masih terlihat monoton. Siswa masih terlihat ramai sendiri dan tidak memiliki tanggung jawab terhadap apa yang ditugaskan kepadanya, serta masih saja guru yang terlihat aktif dan siswanya pasif. Dalam skripsi ini penulis memperkenalkan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa dapat berperan aktif dan tertarik dengan materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah Numbered Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dalam ranah kognitif Siswa Kelas VII di SMPN 2 Kalidawir?. (2) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dalam ranah psikomotorik Siswa Kelas VII di SMPN 2 Kalidawir?. (3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dalam ranah kognitif dan psikomotorik secara bersama-sama pada Siswa Kelas VII di SMPN 2 Kalidawir? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar ranah kognitif siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ranah psikomotorik siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar ranah kognitif dan psikomotorik secara bersama-sama pada siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 2 Kalidawir yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel padapenelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen Numbered Head Together (NHT) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol (konvensional). Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dokumentasi, tes, dan non tes. Metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan data siswa. Sedangkan metode tes dan non tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa yang ditunjukkan thitung < -ttabel, atau -4,456 < -2,0166 dengan sig. (2-tailed) = 0,00 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar psikomotorik siswa yang ditunjukkan dengan -thitung < -ttabel, atau -4,622 < -2,0166 dengan sig. (2-tailed) = 0,00 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik secara bersamaasama yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel, atau 2,127 > 2,0180 dengan sig. (2-tailed) = 0,045 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163111 SAPTO TRI PAMUNGKAS
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:15
Last Modified: 05 Mar 2020 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item