STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

TAMPRIN BUDI SANTOSO, 17201163189 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Tamprin Budi Santoso, NIM 17201163189, pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru Akidah Akhlak, Kecerdasan Emosiona Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomen yang mana masa remaja merupakan puncak emosionalitas, yaitu perkembangan emosi yang tinggi. Remaja sangat mudah marah, mudah terangsang, dan emosinya cendrung meledak, dan proses pencapaiannya sangat di pengaruhi oleh sosio-emosional lingkungannya. Bila lingkungannya kondusif maka maka remaja cendrung dapat mencapai kematangan emosionlanya. Sebaliknya, apabila kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua dan lingkungan sekolah yang mendukung, mereka cendrung akan mengalami kecemasan, perasaan tertekan atau ketidak nyamanan emosional. Guru menempati posisi yang sangat penting dalam hal ini. Guru harus memiliki langkah-langkah strategi yang tepat untuk bisa mengembangkan kecerdasan emosional dirinya sendiri, dan dalam waktu yang bersamaan berusaha meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik dengan memanfaatkan peroses pembelajaran yang ada. Denagan demikian proses pembelajaran akan sangat menyenangkan karena dibangun di atas sikap saling menghargai dan menjawab kebutuhan masing-masing. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTsN 5 Tulungagung; (2) Bagaimana hambatan strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik; (3) Bagaimana cara guru akidah akhlak mengatasi hambatan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan informasi, reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, pembahasan teman sejawat, dan memperpanjang waktu penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Langkah-langkah strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di MTsN 5 Tulungagung yaitu melalui tiga tahapan yaitu (a) tahap pra-intruksional yang meliputi; guru mengenal emosi dirinya, guru mengelolah emosi peserta didik. (b) tahap intruksional yang meliputi; guru memotivasi peserta didik, penggunaan metode, dan guru memasukkan unsur-unsur pendidikan emosi dalam materi akidah akhlak (c) tahap evaluasi yang meliputi; evaluasi di dalam pembelajaran dan diluar pembelajaran. (2) Hambatan dalam mengembangkankecerdasan emosional yaitu, karena faktor lingkungan keluarga, latar belakang SDM peserta didik, dan pengaruh dari psikologi anak. (3) Cara yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan menjalin hubungan kerjasama dengan peserta didik, guru lain, dan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163189 TAMPRIN BUDI SANTOSO
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:52
Last Modified: 03 Jul 2020 02:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item View Item