PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SISWA DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DEVI CANDRA SARI, 17205163214 (2020) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB BAGI SISWA DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Devi Candra Sari, 17205163214, Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Bagi Siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Media Audio Visual, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pada pembelajaran Bahasa Arab di sekolah, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang cenderung membosankan sehingga berdampak pada kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran serta rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran serta membantu peserta didik agar lebih mudah memahami materi pelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan media audio visual. Melalui media audio visual diharapkan peserta didik dapat termotivasi dalam proses pembelajaran serta mampu mencapai hasil belajar di atas rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar Bahasa Arab bagi siswa kelas I di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung, (2) untuk menguji pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar Bahasa Arab bagi siswa kelas I di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung, dan (3) untuk menguji pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Arab bagi siswa kelas I di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas I di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IB sebagai kelas kontrol dan kelas IC sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yaitu menggunakan angket dan tes (posttest), sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Anova 2 jalur, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap motivasi belajar Bahasa Arab bagi siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t untuk motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Arab diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, yang berarti 0,002 < 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar Bahasa Arab bagi siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t untuk hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,041, yang berarti 0,041 < 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan (3) ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Arab bagi siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji Manova untuk motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,001, yang berarti 0,001 < 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163214 DEVI CANDRA SARI
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:54
Last Modified: 11 Mar 2020 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14696

Actions (login required)

View Item View Item