PENGARUH MODEL PAIKEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

EVA AGISTARINI, 17205163027 (2020) PENGARUH MODEL PAIKEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model PAIKEM terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Eva Agistarini, NIM. 17205163027, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. As’aril Muhajir, M. Ag, Kata Kunci: Model PAIKEM, Motivasi, Hasil Belajar Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran masih menjadi topik pembahasan saat ini. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan model konvensional (ceramah), sehingga peserta didik pasif dan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh model PAIKEM terhadap motivasi belajar IPA peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung, 2) apakah ada pengaruh model PAIKEM terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung , dan 3) apakah ada pengaruh model PAIKEM terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas IV di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penerapan model PAIKEM berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar IPA kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, berdasarkan uji t diperoleh signifikansi 0,003. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) penerapan model PAIKEM berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, berdasarkan uji t diperoleh hasil signifikan 0,004. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,004 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) penerapan model PAIKEM berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar berdasarkan uji manova diperoleh signifikansi 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa model PAIKEM berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar IPA SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163027 EVA AGISTARINI
Date Deposited: 05 Mar 2020 00:42
Last Modified: 05 Mar 2020 00:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item View Item