PENERAPAN SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 1 BLITAR

NOVITA SARI, 17201163096 (2020) PENERAPAN SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Novita Sari, NIM. 17201163096, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2020, Yang dibimbing oleh Dr. Luluk Atirotu Zahro, M.Pd. Kata Kunci: SKS, Prestasi Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena kemajemukanpesertadidik yang harusdilayanidenganbaik. Peserta didik sebagai individual yang unik memiliki bakat, minat, kemampuan, dan gaya belajar yang berbeda. Setiap peserta didik harus mendapat layanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya.Hadirnyapola pembelajaran yang bercirikan Sistem Kredit Semester (SKS) memberikan kebebasan pada peserta didik dalam memilih beban belajar dan mata pelajaran yang diminatisesuai denganminat, potensi, kecepatan dan kebutuhan yang beragam, dianggap sebagai suatubentuk layanan yang memberikan keragaman lebih sesuai. Dengan adanya pembaharuan (inovasi) dalam pendidikan yang terus berlangsung selama ini, tidak terkecuali inovasi dalam kurikulum yang dijalankanolehMTsN 1 Blitar.MTsN 1 Blitar memberikan layanan pendidikan dengan sistem penyelenggaraan pendidikan yang memperhatikan tingkat kecepatan dan kesanggupan belajar peserta didik yang dikenal dengan istilah Sistem Kredit Semester (SKS). Fokus masalah dalam penelitian ini antara lain:(1) Bagaimana perencanaan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Blitar?; (2) Bagaimana penerapanSistemKredit Semester (SKS) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Blitar?;(3) Bagaimana evaluasi Sistem Kredit Semester (SKS) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan Sistem Kredit Semester untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 1 Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, lokasi penelitiannya di MTsN 1 Blitar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan Teknik Miles dan Huberman, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat), Keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan(1) SKS adalahsistem penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya dapat menentukan sendiri beban belajar sesuai dengan kemampuan, bakat, minat serta percepatan melalui pengorganisasian pembelajaran bervariasi dan pengelolaan waktu belajar yang fleksibel dengan penyediaan unit-unit pembelajaran (UKBM). Perencanaan yang harus dilakukan oleh penyelenggaraan SKS di MTsN 1 Blitar mulai dari persiapan Kepalaa Sekolah, Waka Kurikulum, Guru dan PA/BK. (2) Penerapan SKS dilakukan secara bertahap di MTsN 1 Blitar masih tahun kedua penerapan SKS dengan penyediaan unit-unit kegiatan belajar yang utuh (UKBM). (3) Evaluasi menggunakan standar Kurikulum 2013 yang mencangkup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, evaluasi dilakukan setiap semester hingga akhir Ujian Sekolah dan UN.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163096 NOVITA SARI
Date Deposited: 03 Mar 2020 05:05
Last Modified: 03 Mar 2020 05:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14684

Actions (login required)

View Item View Item