PENGARUH METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ANGGUN MIFTAKHUL JANAH, 17205163046 (2020) PENGARUH METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Crossword Puzzle terhadap Minat dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Anggun Miftakhul Janah, NIM 17205163046, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Metode Crossword Puzzle, Minat, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang ada pada era pendidikan sekarang bahwa variasi penggunaan metode pembelajaran sangat kurang, pembelajaran berlangsung dengan monoton hanya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat keaktifan peserta didik dalam suatu pembelajaran. Maka guru diharapkan mampu mengembangkan keterampilan penggunaan metode pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan materi, sehingga minat belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh metode crossword puzzle terhadap minat belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? 2) Adakah pengaruh metode crossword puzzle terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? 3) Adakah pengaruh metode crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk menjelaskan pengaruh metode crossword puzzle terhadap minat belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh metode crossword puzzle terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar, sedangkan tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas V MI tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan metode Crossword Puzzle terhadap minat belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk minat belajar Aqidah Akhlak diperoleh Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode Crossword Puzzle terhadap minat belajar Aqidah Akhlak. 2) Ada pengaruh yang signifikan metode Crossword Puzzle terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk hasil belajar Aqidah Akhlak diperoleh Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode Crossword Puzzle terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak. 3) Ada pengaruh yang signifikan metode Crossword Puzzle terhadap minat dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk minat dan hasil belajar Aqidah Akhlak diperoleh Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode Crossword Puzzle terhadap minat dan hasil belajar Aqidah Akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163046 ANGGUN MIFTAKHUL JANAH
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:12
Last Modified: 03 Mar 2020 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14680

Actions (login required)

View Item View Item