PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG

FADILLA NUR ROSYIDA, 17205163247 (2020) PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (835kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Flash Card terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SDI Al Munawwar Tulungagung” ini ditulis oleh Fadilla Nur Rosyida, NIM 17205163247, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Media Flash Card, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media, pembelajaran yang berlangsung kurang menarik dan monoton hanya menggunakan media konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya keaktifan peserta didik yang berasal dari rendahnya minat mereka. Maka diharapkan guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media untuk menumbuhkan minat peserta didik sehingga hasil belajarnya dapat maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh penggunaan media flash card terhadap minat belajar peserta didik di SDI Al Munawwar? 2) Adakah pengaruh penggunaan media flash card terhadap hasil belajar peserta didik di SDI Al-Munawwar? 3) Adakah pengaruh secara bersama sama penggunaan media flash card terhadap minat dan hasil belajar peserta didik di SDI Al-Munawwar? Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan quasi eksperimen (ekperimen semu). Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena baik dalam situasi yang sebenarnya dalam sekolah. Angket digunakan untuk mendapatkan data-data tentang seberapa besar minat peserta didik saat proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran bahasa Inggris. Tes dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian atau pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang akan diberikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh berbagai informasi pendukung penelitian ini, adapun informasi tersebut, antara lain profil sekolah, data jumlah peserta didik, data nama-nama peserta didik, nama-nama staf serta guru dan foto-foto pengerjaan soal atau tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media flash card terhadap minat belajar bahasa Inggris peserta didik kelas III SDI Al-Munawwar Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.(2- ailed) adalah 0,003 < 0,05, maka

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163247 FADILLA NUR ROSYIDA
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:49
Last Modified: 03 Mar 2020 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item