UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ 30 MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN SISWA DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

FIRDA DWI ROSANA, 17205163197 (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL JUZ 30 MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN SISWA DI SDIT AL-ASROR RINGINPITU KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (897kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz 30 Melalui Kegiatan Pembiasaan Siswa di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Firda Dwi Rosana, NIM.17205163197, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Suwanto,M.S.I Kata kunci : Upaya, Guru, Kegiatan Pembiasaan Pendidikan sekolah bertujuan untuk membantu meletakkan dasar-dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Pada zaman ini gadged dan televisi sudah menyerang anak-anak yang membuat mereka tidak tertarik belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an, mereka lebih senang menonton film yang ada di televisi dan bermain game, karena hal itu lebih menarik. Untuk itu pendidik harus dapat mencari metode pembelajaran yang bervariatif serta faham akan psikologi anak. Sebagai pendidik juga harus kreatif dalam menerapkan metode pendidikan, menanamkan dan memberikan tempaan dalam memberikan pelajaran. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan menghafal juz 30 melalui kegiatan pembiasaan tadarus. (2) Bagaimana cara guru dalam meningkatkan kelancaran menghafal juz 30. (3) Bagaimana cara guru dalam meningkatkan ketepatan tajwid dalam menghafal juz 30. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah:Untuk mendeskripsikan penerapan, mendeskripsikan Cara Guru meningkatkan Kelancaran, dan mendeskripsikan Cara guru meningkatkan Ketepatan Tajwid dalam menghafal Juz 30 melalui kegiatan pembiasaan di SDIT Al-asror Kedungwaru Tulungagung. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, untuk mengkaji upaya yang dilakukan guru pada program menghafal Al-qur’an di SDIT Al-Asroro Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa pembiasaan menghafal Juz 30 di SDIT Al Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung meliputi kegiatan pembiasaan tadarus yakni membaca Juz 30 bersama-sama yang sudah di targetkan surahnya, yang dilakukan pada setiap pagi sebelum dimulainnya pembelajaran. Dalam penerapan kegiatan hafalan guru menggunakan metode sima’i, wahdah dan jama’ untuk membantu meningkatkn hafalan siswa. Dan untuk meningkatkan kelancaran menghafalnya guru menggunakan strategi menghafal secara bertahap, muraja’ah dan pemanfaatan waktu. Dan dari kegiatan pembiasaan guru berupaya memberikan motivasi serta pembenaran tajwidnya. Untuk setoran surahnya yang terbanyak juga akan mendapatkan reward, hal tersebut agar siswa lebih semangat untuk meningkatkan hafalannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163197 FIRDA DWI ROSANA
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:02
Last Modified: 03 Mar 2020 04:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item View Item