ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMESANAN AYAM JOPER (Studi Kasus di Desa Jambewangi Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar)

RIZKI PRIASTANTO, 17101163069 (2020) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMESANAN AYAM JOPER (Studi Kasus di Desa Jambewangi Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Ayam Joper (Studi kasus Di Desa Jambewangi Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Rizki Priastanto, NIM. 17101163069, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagug, yang di bimbing oleh Moh.Ali Abdul Shomad.V.E.A.S.Ag, M.Pd. I Kata Kunci: Jual Beli, Hukum Islam, Pemesanan, Ayam Joper Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan model jual beli. Tentu strategi dan kegiatan jual beli oleh peternak ayam yang ikut serta berkembang. Misalnya, dalam pemesanan melalui online atau media online lain. Perkembangannya jual beli online banyak produk yang dijual menggunakan model jual beli istishna. Namun, pada praktiknya jual beli tersebut sering digunakan untuk produk makanan, pakaian, dan produk jadi lain. Pada penelitian ini ingin menggali melalui perspektif hukum islam dalam melihat fenomena jual beli peternak ayam tersebut. Fokus penelitian ini, diantaranya: (1) Bagaimana praktik jual beli pada pemesanan ayam joper di Desa Jambewangi, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana praktik jual beli pada pemesanan ayam joper ditinjau dari Hukum Islam di Desa Jambewangi, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar ? Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) Pada praktik jual beli pemesanan atas ayam joper yakni jual beli melalui online. Hal ini memudahkan penjual untuk menjual hasil produksinya dengan jangkauan yang luas. Wilayah pemasaran yang berkembang dan bisa siapa saja. Sehingga, hal ini memberikan kesempatan pada ternak lain untuk dapat menjual produknya dengan mudah. (2) Model penjualan ini didalam islam disebut sebagai penjualan As-salam. Seperti halnya yang dilakukan dalam pemesanan ayam joper secara online tersebut. Namun, secara islam tidak sah karena beberapa syarat jual beli as-salam tidak terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163069 RIZKI PRIASTANTO
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:02
Last Modified: 02 Mar 2020 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item View Item