PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

VELANI ARUM KUSUMA, 17205163136 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Velani Arum Kusuma, NIM. 17205163136, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Cooperative, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap motivasi dan hasil belajar. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan bervariasi, pelajaran lebih didominasi oleh guru dan siswa yang pintar sehingga siswa yang kurang pintar cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran dan peserta didik menganggap Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang membosankan. Dengan demikian, diperlukan adanya inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Salah satu keunggulan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) adalah menumbuh kembangkan motivasi belajar peserta didik kearah belajar yang dinamis, optimal, dan tepat guna. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan pokok pikiran peserta didik kelas V di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (2) adakah pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan pokok pikiran peserta didik kelas V di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?, (3) Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan pokok pikiran peserta didik kelas V di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Wahid Hasyim. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dengan jumlah item sebanyak 30 pertanyaan, tes dengan jumlah item 5 pertanyaan, dan dokumentasi instrumen soal sebelum digunakanuntuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian data penelitian terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T-test dan Uji Manova yang sebelumnya di uji Prasyarat yaitu homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan (1) Hasil uji t-test angket motivasi diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Hα diterima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (2) Hasil uji t-test soal tes diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Hα diterima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (3) Hasil uji manova diperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Hα diterima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163136 VELANI ARUM KUSUMA
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:22
Last Modified: 02 Mar 2020 07:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item View Item