PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

SITI NURUL NGAZIZAH, 17205163111 (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Nurul Ngazizah, 17205163111, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. NIP: 19600524 199103 1 001 Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Keterampilan Proses, Hasil Belajar Latar belakang pada penelitian ini adalah dengan diberlakukannya kurikulum 2013 menuntut seorang siswa untuk menjadi lebih aktif. Siswa harus membangun pemahaman terhadap fakta, ide, konsep-konsep, dan keterampilan proses yang dimiliki melalui aktivitas yang dilakukan. Berdasarkan hasil observasi lapangan sebagian besar guru di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung belum menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 lebih kepada pembelajaran dengan menggunakan model yang kurang menarik. Hal ini menyebabkan keterampilan proses siswa tidak berkembang bahkan hasil belajarpun menjadi rendah apalagi dalam pembelajaran IPA bukan hanya kumpulan pengetahuan fakta untuk dihafal, tetapi ada proses aktif penemuan menggunakan pikiran dan sikap dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk melihat pengaruhnya terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh proses pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap keterampilan proses siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh proses pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh proses pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap ketrampilan proses dan hasil belajar siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap keterampilan proses siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap ketrampilan proses dan hasil belajar siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan ( purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan jumlah 42 siswa, sampel yang diambil adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 21 siswa dan V B sebagai kelas kontrol berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, tes, angket. Teknik analisis data yangdigunakan adalah uji t dan MANOVA, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji t keterampilan proses dengan menggunakan SPSS 25.0 diperoleh nilai sig. 0,16 ˂ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang siginifikan antara penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E terhadapa keterampilan proses IPA di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (2) hasil uji t hasil belajar dengan menggunakan SPSS 25.0 diperoleh sig. 0,000˂ 0,05. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar IPA di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (3) Berdasarkan Multivariate ofVarian (MANOVA) dengan menggunakan SPSS 25.0 diperoleh nilai keempat p value (sig.) untuk pillace trace, wilk lambda, hotelling’s trace, dan Roy’s lagest root sebesar 0,000 < 0,05. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPA di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163111 SITI NURUL NGAZIZAH
Date Deposited: 03 Mar 2020 01:50
Last Modified: 03 Mar 2020 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item