PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

RIDLO I’ZZADDIN, 17205163116 (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS MI Wahid Hasyim Bkaung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Ridlo I’zzaddin NIM 17205163116 dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Keaktifan, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa mata pelajaran IPS dianggap sebagai pelajaran yang membosankan bagi sebagian peserta didik karena banyak guru yang menggunakan cara yang konvensional, yang dalam kegiatan belajar mengajar banyak didominasi penyampaian materi dengan ceramah. Untuk sebagian peserta didik cara ini memang efektif, namun lama-kelamaan peserta didik yang lain akan merasa jenuh karena hanya menjadi pendengar, mereka menjadi tidak fokus, mengantuk, malas dan akhirnya berpengaruh pada penurunan hasil belajar mereka. Oleh karena itu, seorang pendidik harus bisa menemukan model pembelajaran yang sesuai untuk kelas dan materi yang diajarnya. Salah satu model pembelajaran yang cocok adalah metode Student Facilitator and Explaining (SFAE). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode student facilitator and explaining (SFAE) terhadap keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (2) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest Only Control Group Design terdapat dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Metode pengambilan data melalui angket, tes, dokumentasi dan observasi. Metode angket digunakan untuk mencari data skor keaktifan belajar peserta didik kelas V di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dokumen sekolah. Pada penelitian ini analisis data menggunakan analisis uji independent sampel t-test dan uji multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh penerapan metode student facilitator and explaining (SFAE) terhadap keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar dengan hasilnilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan Hɑ diterima.; 2) Terdapat pengaruh penerapan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar dengan hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan Hɑ diterima.; 3) Terdapat pengaruh penerapan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar dilihat dari perhitungan uji MANOVA (multivariat of variance), memiliki pengaruh cukup besar untuk keaktifan dan hasil belajar dengan hasil uji yaitu Sig 0,000, 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil perhitungan tersebut dinyatakan signifikan, maka metode pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif untuk mendorong keaktifan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163116 RIDLO I’ZZADDIN
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:20
Last Modified: 02 Mar 2020 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item