PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LUTFI NURLAILI A’IDAH, 17205163254 (2020) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (899kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Make a Match Terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Nurlaili A’idah, NIM. 17205163254, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag, M.Pd Kata Kunci: Model Make a Match, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga minat belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh model Make a Match terhadap minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung? 2) Adakah pengaruh model Make aMatch terhadap hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung? 3) Adakah pengaruh model Make a Match terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh model Make a Match terhadap minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model Make a Match terhadap hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model Make a Match terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Penelitianinimenggunakanpenelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Make a Match dengan minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat belajar Bahasa Arab diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,003. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Haditerima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model model Make a Match dengan minat belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Make a Match dengan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar Bahasa Arab diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model model Make a Match dengan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model Make a Match dengan minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk minat dan hasil belajar Bahasa Arab diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model model Make a Match dengan minat dan hasil belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163254 LUTFI NURLAILI A'IDAH
Date Deposited: 16 Mar 2020 02:08
Last Modified: 16 Mar 2020 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14633

Actions (login required)

View Item View Item