PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA DAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NININ AGUSTIN NURIL HIDAYAH, 17205163048 (2020) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA DAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita Dan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di Mi Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Ninin Agustin Nuril Hidayah, NIM. 17205163048, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Mohammad Jazeri, M. Pd. Kata Kunci: Media Boneka Tangan, Keterampilan Bercerita, Menyimak Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan bercerita dan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bercerita dan menyimak peserta didik kurang optimal. Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah: 1) Adakah Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II A di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung 2019/2020? 2) Adakah Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II A di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung 2019/2020? 3) Adakah Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita dan Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II A di Mi Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung 2019/2020? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II A di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung 2019/2020. 2) Untuk mengetahui Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II A di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung 2019/2020. 3) Untuk mengetahui Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita dan Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II A di Mi Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung, dengan sampel kelas II-A sebanyak 23 siswa. Dalam sampel penelitian ini menggunakan tehnik purpose sampling. Tehnik dan instrument pengumpulan data menggunakan observasi, rubrik penilaian tes lisan, tes soal, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Berdasarkan perhitungan uji t untuk rubrik penilaian diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dansignifikan penggunaan media boneka tangan dengan keterampilan bercerita Peserta Didik pada pembelajaran Bahasa Inonesia Kelas II-A di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 2) Berdasarkan perhitungan uji t untuk menyimak peserta didik diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media boneka tangan dengan menyimak Peserta Didik pada pembelajaran Bahasa Inonesia Kelas II-A di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. 3) Berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk keterampilan bercerita dan menyimak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media boneka tangan dengan keterampilan bercerita dan menyimak Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Inonesia Kelas II-A di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. Jadi, semakin menarik penggunaan media boneka tangan maka mampu meningkatkan keterampilan bercerita dan menyimak siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163048 NININ AGUSTIN NURIL HIDAYAH
Date Deposited: 16 Mar 2020 02:13
Last Modified: 16 Mar 2020 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item