PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL GURU AL-QUR’AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR

RAHAYU NUR FATMAWATI, 17201163081 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL GURU AL-QUR’AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Sosial Guru Al Qur’an Hadits terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Syekh Subakir Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Rahayu Nur Fatmawati, NIM. 17201163081, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag., NIP. 196903311994031002. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan yang sering muncul pada peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar, yaitu banyak peserta didik yang tidak tertarik dan menganggap pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebagai pembelajaran yang membosankan. Padahal mata pelajaran Al-Qur’an Hadits ini adalah mata pelajaran yang sangat penting karena di dalamnya membahas tentang dua pedoman hidup utama umat Islam. Kurang tertariknya para peserta didik ini dapat terjadi karena belum tepatnya pengelolaan proses pembelajaran dan interaksi sosial yang digunakan oleh seorang guru. Inilah yang menyebabkan keefektifan guru dalam mengajar berkurang. Apabila keefektifan guru dalam mengajar berkurang, maka prestasi belajar peserta didik pun akan berkurang. Dalam hal ini, muncul sebuah fenomena bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020? 2) apakah terdapat pengaruh kompetensi sosial guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020? 3) apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan sosial guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020. 2) untuk menjelaskan pengaruh kompetensi sosial guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020. 3) untuk menjelaskan pengaruh kompetensi pedagogik dan sosial guru Al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Variabel bebas penelitian ini adalah kompetensi pedagogik (X1) dan kompetensi sosial (X2). Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar yang berjumlah 86 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sedangkan sampel penelitiannya adalah 51 peserta didik yang terdiri dari dua kelas. Data primer penelitian ini adalah angket. Sedangkan data sekundernya adalah observasi, dokumentasi, serta arsip-arsip/data relevan lain yang menunjang penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji prasyarat analisis, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Uji prasyarat analisis penelitian ini terdiri dari uji homogenitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan uji hipotesisnya terdiri dari uji t dan uji F. Hasil penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits terhadap peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan nilai thitung 4,444 > ttabel 2,01063 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru Al-Qur’an Hadits terhadap peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan nilai t hitung 6,382 > ttabel 2,01063 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik dan kompetensi soial guru Al-Qur’an Hadits terhadap peserta didik kelas XI di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar tahun ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan nilai Fhitung 142,639 > Ftabel 3,19 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163081 RAHAYU NUR FATMAWATI
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:01
Last Modified: 27 Feb 2020 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14627

Actions (login required)

View Item View Item