PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

YUNI AYU KURNIASARI, 17205163122 (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSRTAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Multisensori terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Yuni Ayu Kurniasari, NIM. 17205163122, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Metode Multisensori, Motivasi Belajar, Membaca. Metode pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan rendahnya motivasi belajar dan kemampuan membaca siswa. Salah satu metode pembelajaran yang menarik yaitu metode multisensori. Metode multisensori adalah metode pembelajaran yang menggunakan beberapa indera (visual, audio, kinestetik, taktil atau perabaan) dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan menggunakan gambar dan bacaan yang dibaca secara lisan juga jari yang menunjukkan bagian yang sedang dibaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Adakah pengaruh metode pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 5 Tulungagung?. 2. Adakah pengaruh metode pembelajaran multisensori terhadap kemampuan membaca siswa di MIN 5 Tulungagung?. 3. Adakah pengaruh metode pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar dan kemampuan membaca siswa mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 5 Tulungagung?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. 2. Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran multisensori terhadap kemampuan membaca siswa di MIN 5 Tulungagung. 3. Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar dan kemampuan membaca siswa mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 5 Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini antara lain uji instrumen, uji prasarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan metode pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar siswa di MIN 5 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif ( diterima. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan metode pembelajaran multisensori terhadap kemampuan membaca siswa di MIN 5 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai sig. < 0,05 atau 0,016 < 0,05, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif ( diterima. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan metode pembelajaran multisensori terhadap motivasi belajar dan kemampuan membaca siswa di MIN 5 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari nilai uji manova menunjukkan bahwa hasil pada Pilla’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root yang terdapat pada effect factor dan diperoleh keseluruhan data yang sama yaitu sebesar 0,000. Jadinilai sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan jika menggunakan metode pembelajaran multisensori maka mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca siswa di MIN 5 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163122 YUNI AYU KURNIASARI
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:45
Last Modified: 03 Mar 2020 07:45
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14621

Actions (login required)

View Item View Item