PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

WINDA AZI NINGSIH, 17205163118 (2020) PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (951kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Winda Azi Ningsih, NIM.17205163118, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fasilitas belajar merupakan salah satu aspek dalam pendidikan. Fasilitas belajar yang memadai dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi sangat berperan penting dalam terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar yang akan berlangsung. Hal tersebut dapat memicu peningkatan perolehan hasil belajar peserta didik. Peneliti ingin menghubungkan masalah fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi peserta didik kelas IV di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. (2) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas IV di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. (3) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas IV di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung yang berjumlah 51 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung sebanyak 51 peserta didik dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Uji regresi linear sederhana diperoleh nilai = 0,504 dan sig.= 0,000. Karena nilai > atau 0,504 > 0,279 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. (2) Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai = 0,405 dan sig. = 0,000. Karena > atau 0,405 > 0,279 dan sig. 0,000 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar fiqih peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. (3) Hasil uji Manova diperoleh nilai sig. 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163118 Winda Azi Ningsih
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:46
Last Modified: 25 Mar 2020 09:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item