PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG

UMI RIZQIATI, 17205163283 (2020) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Minat memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar, tahap awal suatu proses belajar mengajar hendaknya dimulai dengan usaha membangkitkan minat. Reward dan ice breaking merupakan salah satu cara guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, edukatif, inovatif, kreatif, dan menarik, serta menciptakan minat belajar siswa yang lebih baik dari sebelumnya. Peneliti ingin menghubungkan masalah pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar matematika siswa di MIN 3 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar Matematika siswa di MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar Matematika siswa di MIN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar Matematika siswa di MIN 3 Tulungagung?. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan ada pengaruh dan tidaknya pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar Matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa MIN 3 Tulungagung yang terdiri dari 399 siswa. Teknik samplingnya menggunakan purposive sampling. Sampelnya yaitu siswa kelas V-A dan V-B, yang terdiri dari 46 siswa. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu (1) uji instrument (validitas dan reliabilitas), (2) uji prasyarat (normalitas, homogenitas, dan linieritas), (3) uji hipotesis (regresi linier sederhana dan regresi linier berganda). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar matematika siswa di MIN 3 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh Asymp. Sig = 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien korelasinya (r2) = 0,275 atau jika dipresentasekan menjadi 27,5%. Maka demikian H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar matematika siswa di MIN 3 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh Asymp. Sig = 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien korelasinya (r2) = 0,571 atau jika dipresentasekan menjadi 57,1%. Maka demikian H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap minat belajar Matematika siswa di MIN 3 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji regresi linier berganda diperoleh Asymp. Sig = 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai koefisien korelasinya (r2) = 0,586 atau jika dipresentasekan menjadi 58,6%. Maka demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163283 UMI RIZQIATI
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:53
Last Modified: 25 Mar 2020 08:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item