MEKANISME PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN PEMBIAYAAN Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri

SRI WAHYUNI, 175115032 (2020) MEKANISME PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN PEMBIAYAAN Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DARTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Mekanisme Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Pembiayaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri” ini ditulis oleh Sri Wahyuni dengan dibimbing oleh Dr.H. Nur Efendi, M. Ag. dan Dr. Agus Eko Sujianto , S.E.,M.M. Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Manajemen Pembiayaan, Perencanaan, dan Pengorganisasian. Peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan agar tetap eksis dan tidak kalah bersaing dengan lembaga pendidikan lain. Di samping itu dengan peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan akan dapat membawa madrasah semakin maju. Ada beberapa faktor yang berperan dalam peningkatan mutu pendidikan, salah satunya adalah pembiayaan. Pengelolaan pembiayaan yang baik akan membantu madrasah mewujudkan pencapaian keunggulan-keunggulan sesuai yang diharapkan untuk menigkatkan mutu madrasah. Berkenaan hal tersebut, penelitian ini berfokus pada mekanisme peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri, dengan pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana mekanisme perencanaan peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri?, (2) Bagaimana mekanisme pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri?, (3) Bagaimana mekanisme pengawasan peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri?, (4) Bagaimana mekanisme tindak lanjut peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri?. Berdasarkan pertanyaan penelitian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan mekanisme perencanaan peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri, (2) Untuk mendeskripsikan mekanisme perencanaan peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri, (3) Untuk mendeskripsikan mekanisme perencanaan peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri, (4) Untuk mendeskripsikan mekanisme tindak lanjut peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan padaMadrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan dua tahap yaitu: analisis situs tunggal dan analisis lintas situs dan menggunakan tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan triangulasi. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah: (1) Mekanisme perencanaan peningkatan mutu pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri diawali dengan analisis yang dilakukan oleh kepala madrasah bersama tim, setelah menemukan kendala-kendala, kemudian mencari solusi dengan dukungan stakeholder, akhirnya mewujudkan langkah dalam kerja nyata untuk meningkatkan mutu madrasah, setiap tahun melakukan review kurikulum untuk melakukan pembenahan terhadap kompetensi kurikulum dan perubahan terhadap visi misi disesuaikan dengan tuntutan pelanggan dan kemajuan teknologi, (2) mekanisme pelaksanan peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri di lakukan secara bertahap dengan strategi yang dimiliki oleh masing-masing kepala madrasah ditambah dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi dari guru-guru untuk menciptakan dan merealisasikan keunggulan keunggulan yang dimiliki madrasah sehingga akan meningkatkan kepercayaan dan minat masyarakat terhadap madrasah. (3) Mekanisme pengawasan peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri dilakukan oleh pihak intern dan ekstern. Pihak intern yang melakukan pengawasan terhadap peningkatan mutu pendidikan adalah Kemenag, komite madrasah, dan guru-guru di madrasah tersebut. sedangkan pihak ekstern dilakukan oleh orang tua peserta didik, masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, sekolah lain yang sederajat dan sekolah pengguna lulusan dari madrasah tersebut, (4) Mekanisme tindak lanjut peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen pembiayaan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II dan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kanigoro Kediri, meningkatkan keunggulan yang sudah ada dan menciptakan keunggulan lain serta menjaga keunikan yang menjadi ciri khas madrasah yang membuat madrasah tetap bertahan, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi, diminati banyak calon peserta didik baru dan tetap murah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 175115032 Sri Wahyuni
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:07
Last Modified: 31 Mar 2020 07:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14571

Actions (login required)

View Item View Item