PERSEPSI ULAMA NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG TENTANG SUMBER DANA KAS MUSHOLA DARI HASIL MENJUAL KULIT HEWAN KURBAN (Studi Kasus di Mushola Rohmatulloh Desa Pucungkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

FUADDIN JULIANSYAH, 17102163011 (2020) PERSEPSI ULAMA NAHDLATUL ULAMA DAN MUHAMMADIYAH TULUNGAGUNG TENTANG SUMBER DANA KAS MUSHOLA DARI HASIL MENJUAL KULIT HEWAN KURBAN (Studi Kasus di Mushola Rohmatulloh Desa Pucungkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fuaddin Juliansyah, 17102163011, 2020, Persepsi Ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Tulungagung tentang Sumber Dana Kas Mushola dari Hasil Menjual Kulit Hewan Kurban. (Studi Kasus di Mushola Rohmatulloh Desa Pucungkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing: Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I. Kata Kunci: Presepsi Ulama, Dana Kas Mushola, Menjual, Kulit Hewan Kurban Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktik menjual kulit hewan kurban di mushola Rohmatulloh Desa Pucungkidul Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung setiap kurban oleh ta’mir mushola dan panitia pelaksana. Praktik tersebut dilakukan dengan alasan karena tekstur kulit hewan kurban yang alot sehingga sulit dibagi, daripada kulit tersebut terbuang, maka ta’mir mushola dan panitia pelaksana berinisiatif untuk menjualnya. Hasil dari penjualan tersebut nantinya dimasukkan ke kas mushola dan sebagian juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan kurban di tahun berikutnya. Rumusan masalah yaitu (1) bagaimana pandangan ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Tulungagung tentang hukum praktik menjual kulit hewan kurban untuk dimasukkan ke dalam dana kas mushola (2) bagaimana pandangan ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Tulungagung tentang status kehalalan dari dana kas mushola yang salah satu dananya bersumber dari hasil menjual kulit hewan kurban. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pandangan ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Tulungagung tentang hukum praktik menjual kulit hewan kurban untuk dimasukkan ke dalam dana kas mushola (2) untuk menjelaskan pandangan ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Tulungagung tentang status kehalalan dari dana kas mushola yang salah satu dananya bersumber dari hasil menjual kulit hewan kurban. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan hukum Islam. Lokasi penelitian ini adalah para tokoh ulama Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dengan memohon ijin melalui kantor PCNU Kabupaten Tulungagung dan kantor PDM Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) menurut ulama Nahdlatul Ulama, praktik menjual kulit hewan kurban adalah haram hukumnya, sedangkan menurut ulama Muhammadiyah, menjual kulit hewan kurban boleh, selama hasil penjualannya tidak untuk kepentingan individu orang yang berkurban. (2) Menurut ulama Nahdlatul Ulama dana hasil penjualan kulit hewan kurban adalah haram, sedangkan menurut ulama Muhammadiyah dana hasil penjualan tersebut halal, hasil penjualan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan yang dibutuhkan pada pelasanaan kurban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 17102163011 FUADDIN JULIANSYAH
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:52
Last Modified: 11 Feb 2020 03:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14559

Actions (login required)

View Item View Item