KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII AKSELERASI DI MTsN 1 BLITAR

AIDA MIR’ATUL AZIZAH, 17204153010 (2020) KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII AKSELERASI DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kecemasan Matematis (math anxiety) Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII Akselerasi di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh AIDA MIR’ATUL AZIZAH, NIM.17204153010, Dosen Pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kecemasan Matematis, Masalah Matematika. Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah kecemasan matematis yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kecemasan matematika adalah jenis penyakit, kecemasan matematika mengacu pada suasana hati yang tidak sehat seperti respon yang terjadi ketika beberapa siswa mengalami permasalahan matematika dan menampakkan dirinya dengan panik dan hilangnya pikiran, depresi, dan tidak berdaya, gugup, dan takut, dan sebagainya. Dengan mengetahui faktor penyebab, tingkat dan jenis kecemasan yang dialami siswa, diharapkan guru dan orangtua dapat menentukan tindakan serta penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Berkenaan dengan penjelasan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan kecemasan matematis (math anxiety) siswa dan mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kecemasan matematis yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII Akselerasi di MTsN 1 Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di MTsN 1 Blitar yang terletak di Jl. Ponpes Al-Kamal Kunir Wonodadi, Cemandi, Kunir, Wonodadi, Blitar, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes tertulis, dan wawancara. Teknik Analisis Data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecemasan matematis (math anxiety) yang di alami siswa kelas viii akselerasi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar terbagi atas 3 yaitu: (a) siswa yang memiliki kemampuan penyelesaian soal rendah akan mengalami kecemasan berat, siswa yang memiliki kemampuan penyelesaian soal sedang akan mengalami kecemasan sedang, dan siswa yang memiliki kemampuan penyelesaian soal tinggi akan mengalami kecemasan ringan. (b) Jenis kecemasan matematis (math anxiety) meliputi kecemasan realistik, kecemasan moral, dan kecemasan neurotik. Adapun Faktor penyebab kecemasan matematis (math anxiety) yang dialami siswa kelas VIII akselerasi dalam menyelesaikan masalah matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: (a) Faktor internal, minat dan persepsi siswa terhadap matematika, siswa tidak belajar, tidak percaya diri, kurangnya pemahaman terhadap materi, kurangnya motivasi, dan intelegensi siswa. (b) Faktor eksternal, cara pembelajaran matematika yang monoton, guru tidak menggunakan alat peraga untuk membatu siswa memahami materi, kurangnya perhatian guru kepada siswa, suasana kelas yang gaduh, ulangan dadakan, dan kurangnya perhatian dan motivasi orang tua dalam perkembangan belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153010 AIDA MIR’ATUL AZIZAH
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:38
Last Modified: 11 Feb 2020 03:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item View Item