PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF INTERNET PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 7 TULUNGAGUNG

AZIZATUL LUTFIANA PRATIWI, 17201163117 (2020) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF INTERNET PADA PESERTA DIDIK DI MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pencegahan Dampak Negatif Internet pada Peserta Didik di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Azizatul Lutfiana Pratiwi, NIM. 17201163117, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci:Peran Guru, Pencegahan, Dampak negatif, Internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di era globalisasi dimana aktifitas manusia modern tidak bisa dipisahkan dari internet. Dampak negatif yang ditimbulkan internet pada peserta didik semakin mengkhawatirkan. Internet dapat menyebabkan degradasi moral pada diri peserta didik. Bentuk degradasi moral tersebut adalah pornografi, pergaulan bebas, berita hoax, penyebaran foto, dan video tawuran antar pelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan tentang (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam pencegahan dampak negatif internet pada peserta didik di MTsN 7 Tulungagung; (2)Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam pencegahan dampak negatif internet: (3) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam pencegahan dampak negatif internet pada peserta didik di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan perpanjangan waktu penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah (1)Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam pencegahan dampak negatif internet pada peserta di MTsN 7 Tulungagung, yaitu dengan cara menjadi penanggung jawab pendisiplinan peserta didik agar perilaku peserta didik tidak menyimpang dari norma yang berlaku.(2) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam pencegahan dampak negatif internet, yaitu dengan memberikan fasilitas dan kemudahan dalam pembelajaran dengan tidak menyalahgunakan penggunaan internet. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam pencegahan dampak negatif internet, yaitu dengan cara memberikan arahan, mengingatkan ibadahnya, bekerjasama dengan orang tua peserta didik agar mengawasi penggunaan internet peserta didik ketika dirumah . Adapun implikasi hasil penelitian adalah pencegahan dampak negatif internet pada peserta didik di MTsN 7 Tulungagung dengan cara adanya peran guru akidah aklak sebagai pendidik, sebagai fasilitator serta sebagai motivator dalam pencegahan dampak negatif internet. Sehingga peserta didik mampu memanfaatkan internet dengan baik serta dapat mencegah dampak negatif internet tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163117 AZIZATUL LUTFIANA PRATIWI
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:57
Last Modified: 17 Feb 2020 03:57
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14506

Actions (login required)

View Item View Item