PENGARUH KEDISPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII B, VII G, DAN VII H DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

SITI KHOLIFATUM MEIIS SA’ADAH, 17201163028 (2020) PENGARUH KEDISPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VII B, VII G, DAN VII H DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung” ini di tulis oleh Siti Kholifatum Meiis Sa’adah, NIM. 17201163028. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag, NIP. 19600524 199103 1 001 Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi adanya teori yang mengemukakan bahwa tanpa adanya disiplin yang baik, suasana sekolah dan juga kelas, menjadi kurang kondusif bagi kegiatan pembelajaran. Secara positif, disiplin memberi dukungan lingkungan yang tenang dan tertib bagi proses pembelajaran. Karena proses pembelajaran siswa tersebut terganggu, maka siswa akan sulit dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sehinggga dapat menyebabkan penurunan prestasi dalam pembelajarannya. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh kedisiplinan tata tertib terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan beribadah terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (3) Adakah pengaruh displin waktu terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (4) Adakah pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru tulungagung, yang terdisi dari 83 siswa. Dengan teknik Simple Random Sampling. Variabel bebas : Kedisiplinan dalam mentaati tata tertib (X1), Kedisiplinan dalam beribadah (X2), dan disiplin waktu (X3). Variabel terikat : Prestasi belajar pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data : angket. Teknik analisis data : uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linieritas, uji T, uji F. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan tata tertib terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh (7,700 > 1,990). maka Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan beribadah terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh (3,158 > 1,990) maka Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara displin waktu terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh (7,218 > 1,990) maka Ha diterima dan H0 ditolak. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama sama antara kedisiplinan tata tertib, Kedisiplinan Beribadah, dan Disiplin waktu terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII B, VII G, dan VII H di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh (8,748> 2,70)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163028 SITI KHOLIFATUM MEIIS SA’ADAH
Date Deposited: 19 Feb 2020 06:19
Last Modified: 19 Feb 2020 06:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14490

Actions (login required)

View Item View Item