ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASAR TEORI VAN HIELE

HARRIS WAHYU MALINDO, 3214093064 (2020) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASAR TEORI VAN HIELE. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami dan Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa kelas VIII MTs Abdul Qodir Pandansari Ngunut" ini ditulis oleh Harris Wahyu Malindo (3214093064) Jurusan Matematka, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Analisis kesulitan, Memahami, Menyelesaikan, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar siswa sering mengalami kesulitan baik dalam memahami materi maupun menyelesaikan soal. Kesulitam tersebut dapat dilihat dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa ketika mengerjakan soal-soal, baik soal latihan maupun soal ulangan harian, terutama pelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi matematika MTs Abdul Qodir Pandansari Ngunut, diketahui bahwasanya siswa MTs Abdul Qodir Pandansari Ngunut khususnya kelas VIII masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelasaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Dari informasi itu, peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis kesulitan sisiwa dalam memahami dan menyalasaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII MTs Abdul Qodir Pandansari Ngunut. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Kesulitan apa sajkah yang dialami siswa kelas VIII MTs Abdul Qodir Pandansari Ngunut dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar? (2) Faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sisi data?Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas VIII dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangun ruang sis datar dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika pokok bahasan bangu ruang sisi datar. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah pemelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru matematika MTs Abdul Qodir Pandansari Ngunut. Metode pengumpulan datanya adalah dengan observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data. Penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214093064 Harris
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:00
Last Modified: 31 Mar 2020 02:00
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item