PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2020

CHOIRUL AMINAH, 17205163008 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG TAHUN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung Tahun 2019/2020” ini ditulis oleh Choirul Aminah, NIM. 17205163008, Pembimbing Dr. H. Nur Efendi., M.Ag. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi. Seorang guru dituntut untuk dapat meiliki keterampilan yang memadai dalam memilih dan mengembangkan berbagai pendekatan pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran CTL. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan kontruktivisme di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung? (2) Adakah pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung? (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo, Rejotangan, Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar pembelajaran bahasa Indonesia antara yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan kontruktivisme, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunan pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Metode yang digunakan yaitu soal tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni IV Musa sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 dan IV Suaib sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisi data menggunakan uji t-test. Dan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan pembelajaran CTL rata-rata 82,77 diatas KKM lebih baik dari pendekatan pembelajaran kontruktivisme, (2) ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai thitung = 3,68 dan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,68 sehingga nilai thitung > ttabel, (3) besarnya pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap hasil belajar sebesar 88% yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163008 CHOIRUL AMINAH
Date Deposited: 27 Jan 2020 08:25
Last Modified: 27 Jan 2020 08:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item