PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

PUTRI INTAN RARA RIZQIA, 17208163068 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Tiga Dimensi pada Mata Pelajaran IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya” ini ditulis oleh Putri Intan Rara Rizqia, NIM. 17208163068 dengan dosen pembimbing Bapak Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Tiga Dimensi, Pengembangan Media Tiga Dimensi, Validitas Media Pembelajaran Tiga Dimensi, Perbedaan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik saat ini sangat terbatas. Sedangkan bahan ajar sendiri merupakan sarana penting dalam melakukan proses pembelajaran untuk untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pada penelitian ini, peneliti menghubungkan masalah ketersediaan bahan ajar dengan sebuah strategi belajar yang dapa membantu memaksimalkan hasil belajar peserta didik. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran tiga dimensi. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran tiga dimensi sesuai dengan materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. (2) Menghasilkan media yang tervalidasi oleh ahli media, ahli materi dan dinilai oleh peserta didik kelas VII. (3) Mengetahui Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media tiga dimensi dengan tanpa media tiga dimensi. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah berupa produk pengembangan pembelajaran media tiga dimensi berupa ekosistem padang savana yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Berdasarkan hasil validasi dari dosen ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran tiga dimensi pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya yang dikembangkan menunjukkan hasil sebesar 96,87% yang dikategorikan valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media tiga dimensi dan kelas yang tidak menggunakan media tiga dimensi. Data diolah menggunakan uji t-test dengan SPSS diperoleh hasil yang signifikan 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian artinya ada perbedaan yang signifikan santara kelas yang diterapkan media pembelajaran tiga dimensi dengan kelas yang tidak diterapkan media pembelajaran tiga dimensi. Sehingga ada pengaruh penerapan media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163068 PUTRI INTAN RARA RIZQIA
Date Deposited: 22 Jan 2020 06:58
Last Modified: 22 Jan 2020 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14303

Actions (login required)

View Item View Item