PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI BUSTANUL MUTA’ALIMIN PAGERWOJO KESAMBEN BLITAR

HANNA KHOIRUL ASFIYA', 17205153339 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI MI BUSTANUL MUTA’ALIMIN PAGERWOJO KESAMBEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dengan judul “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar”, ini ditulis oleh Hanna Khoirul Asfiya’, NIM. 17205153339. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M. Ag. NIP. 195412181986021001 Kata Kunci: Multimedia Interaktif Berbasis Komputer, Hasil Belajar Matematika Latar belakang pada penelitian ini adalah hasil belajar kognitif pada mata pelajaran matematika di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar masih mempunyai rata-rata nilai dibawah KKM yaitu 75. Hal ini karena bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajan masih konvensional sehingga tidak menciptakan suasana yang menarik dan memotivasi siswa untuk semangat belajar. Oleh karena itu, peneliti menggunakan bahan ajar model baru yaitu multimedia interaktif berbasis komputer yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain: 1) Adakah pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif offline terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar tahun 2018/2019?. 2) Adakah pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar tahun 2018/2019?. 3) Adakah pengaruh secara bersama penggunaan bahan ajar multimedia interaktif offline dan online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar tahun 2018/2019? Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer offline terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar tahun 2018/2019. 2) Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar 2018/2019. 3) Menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer offline dan online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar 2018/2019. Jenis Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas IV A sejumlah 10 siswa dan kelas IV B sejumlah 10 siswa yang dibagi secara acak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data peserta didik kelas IV, data guru serta profil MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji t-tes dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer offline terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. 2) ada tidaknya pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. 3) ada tidaknya pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer offline dan online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. Hasil analisis data dalam penelitian ini antara lain: 1) ada pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer offline terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 20.0 menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,000 < 0,005. 2) ada pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 20.0 menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,026 < 0,005. 3) ada pengaruh penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbasis komputer offline dan online terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Bustanul Muta’alimin Pagerwojo Kesamben Blitar. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 20.0 menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,026 < 0,005.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153339 HANNA KHOIRUL ASFIYA'
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:43
Last Modified: 03 Feb 2020 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14277

Actions (login required)

View Item View Item