KEMAMPUAN INTUISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

BONDAN WICAKSANA ASMI ASMARA, 17204153232 (2020) KEMAMPUAN INTUISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Intuisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Bondan Wicaksana Asmi Asmara, NIM. 17204153232 dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Intuisi, pemecahan masalah, gaya belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kurangnya perhatian guru terhadap kemampuan intuisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Guru belum memaksimalkan memberikan suatu kebebasan berfikir kepada siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Sehingga, siswa belum sepenuhnya melibatkan intuisinya dalam menyelesaikan masalah matematika. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan intuisi siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yang memiliki gaya belajar visual? (2) Bagaimana kemampuan intuisi siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yang memiliki gaya belajar auditori? (3) Bagaimana kemampuan intuisi siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yang memiliki gaya belajar kinestetik? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan intuisi siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dengan mengambil 6 siswa berdasarkan gaya belajar yaitu 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditori, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Data yang digunakan adalah data hasil tes siswa dan data wawancara dengan siswa. Tes yang digunakan mencakup materi bentuk aljabar. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Adapun pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamat, triangulasi, dan Pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya kemampuan intuisi siswa dalam memecahkan masalah bentuk aljabar sebagai berikut: (1) Siswa dengan gaya belajar visual dalam memahami masalah bentuk aljabar menggunakan intuisi afirmatori. Dalam memeriksa kembali pemecahan massalah bentuk aljabar, siswa menggunakan intuisi konklusif, Dengan demikian, siswa yang memiliki gaya belajar visual memiliki kemampuan intuisi tinggi. (2) Siswa. Dengan gaya belajar auditori dalam memahami masalah bentuk aljabar tidak menggunakan intuisi.. Dalam membuat rencana dan melaksanakan pemecahan masalah serta memeriksa kembali pemecahan masalah, tidak menggunakan intuisi. Dengan demikian, siswa yang memiliki gaya belajar auditori memiliki kemampuan intuisi rendah. (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam memahami masalah bentuk aljabar, menggunakan intuisi afirmatori. dalam membuat rencana dan melaksanakan pemecahan masalah serta memeriksa kembali pemecahan masalah, tidak menggunakan intuisi. Dengan demikian, siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan intuisi sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153232 BONDAN WICAKSANA ASMI ASMARA
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:21
Last Modified: 14 Jan 2020 03:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item