PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BERDASARKAN EKSPERIMENTASI PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca forma typica) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

NAZIL RESTU WAHYUNINGSIH, 17208153059 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BERDASARKAN EKSPERIMENTASI PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca forma typica) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (538kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Ajar Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Berdasarkan Eksperimentasi Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca forma typica) terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica Juncea. L)” ini ditulis oleh Nazil Restu Wahyuningsih, NIM. 17208153059, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Media ajar, Pertumbuhan, Sawi, Pupuk Cair, Kulit Pisang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, terutama adalah media pembelajaran yang kurang bervariasi, misalnya hanya berupa power point dan video. Kedua media pembelajaran ini membutuhkan LCD dalam penerapannya. Sedangkan tidak semua sekolah memiliki fasilitas tersebut. Selama ini beberapa guru di sekolah terkadang hanya mengajarkan murid sebuah teori saja tanpa pernah mencobanya, dengan begitu murid hanya akan terpaku pada teori dan contoh yang diberikan tanpa mengetahui hal tersebut benar atau salah. Peneliti berinisiatif menggunakan kulit pisang sebagai pupuk karena banyaknya limbah kulit pisang yang dibiarkan dan hanya mengotori lingkungan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh pemberian pupuk organik cair kulit pisang kepok (Musa paradisiaca forma typica) terhadap pertumbuhan tanaman sawi caisim (Brassica juncea L.), (2) Untuk mengetahui dosis pupuk organik cair kulit pisang kepok (Musa paradisiaca forma typica) yang memberikan hasil paling baik bagi tanaman sawi caisim (Brassica juncea L.), (3) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media ajar yang valid berdasarkan eksperimentasi yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh pemberian perlakuan pupuk terhadap tanaman yang nantinya menjadi konten poster dan pendekatan pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran berupa poster. Media yang dihasilkan diuji validitasnya oleh para ahli. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi para ahli, angket pengambilan data tumbuhan, dan alat dan bahan untuk menanam dan membuat pupuk. Sumber data dalam penelitian didapat dari pengambilan data setiap parameter tanaman dalam jangka waktu 10, 20, dan 30 hari. Akan tetapi data yang diolah hanyalah pada jangka waktu 30 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh pemberian pupuk organik cair kulit pisang kepok (Musa paradisiaca forma typica) terhadap 3 parameter yang diukur yaitu tinggi tanaman dengan rata-rata tinggi 27 cm, jumlah daun dengan rata-rata 11 helai daun, dan berat basah dengan rata-rata berat 70 gram yang mana ketiganya menunjukkan nilai signifikansi 0,000 atau sig. < 0,05. (2) Dosis yang memberikan hasil terbaik adalah pada perlakuan ketiga (P3) atau sebanyak 250 ml/L air pupuk organik cair yang mana menunjukkan pertumbuhan paling maksimal dibandingkan dosis lainnya. (3) media pembelajaran poster yang dihasilkan layak digunakan, dengan presentase sebesar 68,75% oleh ahli media dan 77,33% oleh ahli materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153059 NAZIL RESTU WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:48
Last Modified: 14 Jan 2020 02:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item