IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING AL-JURUMIYAH DENGAN METODE HAFALAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN PEMAHAMAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN 2019

NURHALIMAH, 2811133207 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING AL-JURUMIYAH DENGAN METODE HAFALAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN PEMAHAMAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAHIYYAH NGRANTI BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN 2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Al-Jurumiyah dengan Metode Hafalan untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Pemahaman Santri di Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung tahun 2019” di tulis oleh Nurhalimah, NIM 2811133207, Pembimbing : Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Metode Hafalan, Kitab Kuning Al-Jurumiyah Konteks penelitian: Penelitian ini dilatar belakangi oleh peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan pembelajaran kitab kuning Al-Jurumiyah dengan metode hafalan. Karena menurut saya pembelajaran kitab kuning dengan metode ceramah dan sejenisnya itu adalah hal biasa. Metode ini bermaksud agar santri lebih mudah dalam meningkatkan daya ingat dan pemahamannya terhadap penguasaan materi kitab kuning Al-Jurumiyah. Fokus penelitian: (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran kitab Al-Jurumiyah dengan metode hafalan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman santri di pondok pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam implementasi pembelajaran kitab kuning Al-Jurumiyah dengan metode hafalan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman santri di pondok pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (3) Bagaimana dampak implementasi pembelajaran kitab kuning Al-Jurumiyah melalui metode hafalan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman santri di pondok pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Tujuan penelitian: (1) Untuk memaparkan proses pelaksanaan pembelajaran kitab Al-Jurumiyah dengan metode hafalan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman santri di pondok pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung (2) Untuk memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam implementasi pembelajaran kitab kuning Al-Jurumiyah dengan metode hafalan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman santri di pondok pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung, (3) Untuk memaparkan dampak implementasi pembelajaran kitab kuning Al-Jurumiyah melalui metode hafalan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman santri di pondok pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Metode penelitian: Pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Fattahiyyah Ngranti Boyolangu Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Langkah terakhir metode penelitian adalah pengecekan keabsahan data hasil penelitian Hasil penelitian: (1) Bahwa pelaksanaan pembelajaran kitab kuning Al-Jurumiyah dengan metode hafalan untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman. Adapun proses pelaksanaan pembelajaran kitab kuning selain menggunakan metode hafalan yaitu dengan metode membaca, ceramah, praktek langsung, hukuman, tanya jawab, aktif, dan adanya lomba atau ujian, (2) faktor penghambat dan pendukung dari pelaksanaan pembelajaran kitab kuning Al-Jurumiyah dengan metode hafalan: Faktor Penghambatnya adalah Santri kurang belajar, Padatnya kegiatan pondok, Materi yang diajarkan sulit dimengerti, sedangkan Faktor Pendukung: santri bermukim di pondok dan juga kemampuan yang dimiliki oleh ustadz (3) Dampak dalam meningkatkan daya ingat yaitu semakin sering membaca maka semakin hafal, kebiasaan membaca menjadi semakin ingat, sedangkan dampak dalam meningkatkan pemahaman yaitu Santri bisa menjelaskan ketika disuruh ustadz menjelaskan di depan, dengan membaca berulang-ulang santri bisa menjadi semakin faham.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133207 NURHALIMAH
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:09
Last Modified: 25 Mar 2020 08:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item