PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR

MOHAMMAD AZKA LA’ALA KHULUQIN ‘ADZIM, 17201153400 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Mohamad Azka La’ala Khuluqin ‘Adzim (17201153400) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Timbul, S. Pd. I Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh masih ada guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya menjadikan guru sebagai pusat belajar siswa. Masih banyak model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru yang bisa membuat anak menjadi aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, diataranya adalah masalah yang diberikan mengenai situasi nyata akan memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Melalui model pembelajaran ini diharapkan hasil belajar siswa akan menjadi lebih baik. Siswa menjadi lebih aktif dan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X IIK di MAN 3 Blitar dan untuk mengetahui adakah perbedaan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 3 Blitar ?. 2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 3 Blitar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ? Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitaif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Experimen Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terkatnya adalah Hasil belajar siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose Sampling (teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu). Analisis data awal menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumplan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Pada rumusan masalah 1) diketahui t hitung > t tabel =4,668 > 1,699 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. 2) Pada rumusan masalah 2, nila rata- rata kelas kontrol sebesar 81,90 dan kelas eksperimen sebesar 88,39. Hasil nilai pretest kelas eksperimen rata- rata sebesar 82,70 nilai maksimum 85 dan nilai minimum 54. Kemudian setelah menggunakan model Problem Based Learning , rata-rata nilai posttest sebesar88,39 nilai maksimum 100 dan nilai minimum 82 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153400 MOHAMMAD AZKA LA’ALA KHULUQIN ‘ADZIM
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:32
Last Modified: 14 Jan 2020 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item View Item