PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MASSA ELEKTRONIK DAN ONLINE TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR

NOVITA LAILIA MUKAROMAH, 17201153014 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MASSA ELEKTRONIK DAN ONLINE TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (496kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Massa Elektronik dan Online terhadap Akhlak Peserta Didik di SMPN 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Novita Lailia Mukaromah, NIM 17201153014, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag, NIP. 19690918 200003 1 002 Kata Kunci : Media Massa Elektronik, Media Massa Online, Akhlak Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan Media Massa Elekronik maupun Online oleh peserta didik. Dua jenis media massa baik elektronik maupun online dikhawatirkan akan membawa dampak negatif terhadap akhlak peserta didik. Namun apabila media massa baik elektronik maupun online digunakan dengan benar tentu dapat membawa dampak baik bagi penggunanya sendiri termasuk peserta didik. Dalam fenomena dampak penggunaan media massa ini dapat dilihat atau diidentifikasikan jika media massa elektronik maupun online telah ikut serta merekonstruksi keadaan sosial dan realitas seperti yang dikemukakan oleh Peter L. Berger dan Luckmann. Teori dan pendekatan konstruksi sosial atas realitas terjadi secara simultan melalui tiga proses sosial, yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Namun, belum tentu keadaan sosial yang terekonstruksi disini sesuai dengan ajaran Islam. Sebagai muslim, tidaklah cukup iman seseorang hanya dalam bentuk pengakuan, namun manusia juga perlu berakhlak. Akhlak yang mulia ialah akhlak yang diridhoi Allah SWT. Rumusan masalah : (1) Bagaimanakah pengaruh penggunaan media massa elektronik (televisi) terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar? (2) Bagaimanakah pengaruh penggunaan media massa online (internet) terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar? (3) Bagaimanakah pengaruh penggunaan media massa elektronik (televisi) dan penggunaan media massa online (internet) terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar? Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media massa elektronik (televisi) terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media massa online (internet) terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media massa elektronik (televisi) dan penggunaan media massa online (internet) terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar, yang terdiri dari 272 siswa. Dengan teknik sampling cluster random sampling diperoleh sampel 50 siswa. Variabel bebas : PenggunaanMedia Massa Elektronik dan Penggunaan Media Massa Online. Variabel terikat : Akhlak peserta didik. Sumber data : responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data : Angket. Teknik analisis data : uji validitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, serta uji t dan uji f dengan bantuan IBM SPSS statistics 25. Hasil penelitian : (1) Penggunaan media massa elektronik (televisi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap akhlak peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar. Dari hasil analisis dengan taraf signifikasi 5% dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Penggunaan media massa online (internet) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap akhlak peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar dengan nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. (3) secara simultan variabel penggunaan media massa elektronik (televisi) dan variable penggunaan media massa online (internet) berpengaruh signifikan terhadap akhlak peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar sebesar 61,1% dan sisanya 39,9% dipengaruhi indikator lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153014 NOVITA LAILIA MUKAROMAH
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:30
Last Modified: 13 Jan 2020 08:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14250

Actions (login required)

View Item View Item