PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG

RIZQI WILDAN NAUFAL, 1721143355 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 3 Tulungagung.” ditulis oleh Rizqi Wildan Naufal, NIM. 1721143355, Tahun 2019, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muntahibun Nafis, M.Ag Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas, bahwa pendidikan dalam era sekarang mengharapkan siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi guna mengkonstruksi pengetahuan dan pemahaman dalam memecahkan masalah terutama dalam pelajaran akidah akhlak. Hal ini, karera motivasi siswa dalam belajar juga berperan penting dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun saat ini terdapat kesenjangan antara teori dan praktik, sehingga memungkinkan siswa menjadi kurang termotivasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya kompetensi pedagogik guru. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru akidah akhlak di MAN 3 Tulungagung. 2). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung. 3). Untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru akidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 3 Tulungagung. Sedangkan sampelnya adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2 MAN 3 Tulungagung adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi, metode observasi digunakan untuk mengamati kondisi umum sekolahan, sedangkan metode angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa dan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah berdirinya sekolah, struktur organisasi sekolah, visi-misi dan tujuan, keadaan tenaga pengajar dan sarana prasarana sekolah. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment yang kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabelitas, uji normalitas, uji homogenitas. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pebedaan kompetensi guru akidah akhlak kelas X di MAN 3 Tulungagung. (2). Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa. (3). Ada pengaruh positif dan signifikan dalam kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di MAN 3 Tulungagung Berdasarkan output hasil uji anova nilai signifikan t untuk variabel motivasi belajar dalah 0,10 dan nilai tersebut lebih besar daripada probabilitas 0,05 (0,10 > 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143355 RIZQI WILDAN NAUFAL
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:06
Last Modified: 14 Jan 2020 07:06
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item