EFEKTIFITAS PENGAJIAN KITAB TAFSIR AL IBRIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL – QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP TAHFIDZ AL KAUTSAR DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018 – 2019

BINTI MASRUROH, 17201153375 (2020) EFEKTIFITAS PENGAJIAN KITAB TAFSIR AL IBRIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL – QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP TAHFIDZ AL KAUTSAR DURENAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018 – 2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (643kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (741kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Pengajian Tafsir Al Ibriz dalam Meningkatkan Hafalan al-Qur’an Peserta Didik Di Smp Tahfidz Al Kautsar Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2018-2019” di tulis oleh Binti Masruroh, NIM. 17201153375, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag Kata kunci: Efektifitas, Peningkatan Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al Ibriz. Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat Rosulullah SAW. yang didalamnya berisi wahyu-wahyu Allah SWT yang tujuannya tak lain sebagai pedoman hidup manusia di dunia hingga akhirat. Selain itu, al-Qur’an juga bisa menjadi penyejuk hati serta memberikan keindahan bagi yang dekat dengannya. Kemultifungsian al-Qur’an tidak cukup sampai disitu. Al-Qur’an juga menjadi pilihan utama dalam pendidikan islam.Al-Qur’an merupakan pedoman yang abadi untuk kemaslahatan umat manusia,merupakan benteng pertahanan syari’at Islam yang utama serta landasan sentral bagi tegaknya aqidah, ibadah, mu’amalah dan akhlakul karimah.Sebuah perjalanan tentulah membutuhkan sesuatu yang dapat dijadikan petunjuk maupun alat bantu, agar dapat sampai pada tempat tujuan dengan tepat dan selamat. Begitu pula manusia. Hidup manusia merupakan perjalanan, yakni dari lauhul mahfudz hingga kembali lagi kepada Sang Pencipta (akhirat). Sedangkan dunia hanya lintas waktu yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Dalam perjalanan ini, yang dapat memberikan petunjuk yang dapat membawa manusia hingga akhirat dengan selamat yakni al-Qur’an. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah- langkahyang digunakan dalam pengajian tafsir Al Ibriz kepada peserta didik di SMP Tahfidz Al-Kautsar Durenan Trenggalek. (2) Faktor-faktorapasaja yang mendukungdanmenghambatdalam pengajian tafsir Al Ibriz kepada peserta didik di SMP Tahfidz Al-Kautsar Durenan Trenggalek. (3) Bagaimana implikasipengajian Tafsir Al Ibriz dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an peserta didik di SMP Tahfidz Al Kautsar Durenan Trenggalek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMP Tahfidz Al-Kautsar Durenan TrenggaleK. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan teknikan alisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan teknik keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi data dan pemeriksaan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan Dari hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa: (1) Langkah-langkah yang digunakan dalam pelaksanaan pengajian kitab tafsir Al Ibriz yaitu metode bandongan, metode ceramah metode Tanya jawab dan metode sorogan. (2) Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan pengajian yaitu lingkungan yang asri, pengampu yang mumpuni, sabar dan telaten, serta pengampu yang mumpuni dalam pengajian kitab tafsir Al Ibriz maupun ilmu membaca dan menghafal al-Qur’an. Sedangkan faktor hambatannya yaitu siswa yang kurang fokus, kurang memahami bahasa jawa, kurangnya tanggungjawab siswa untuk belajar secara mandiri dan siswa yang mudah bosan. (3) Dampak dari diadakannya pengajian kitab tafsir Al Ibriz yaitu siswa mampu meningkatkan dan mempertahankan hafalannya dengan baik, serta mampu memahami isi kandungan yang terdapat didalam al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153375 BINTI MASRUROH
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:01
Last Modified: 14 Jan 2020 03:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item