PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2018/2019

MUHAMMAD WILDANA FIKRIA ZULHIDHA, 17208153058 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Muhammad Wildana Fikria Zulhidha, NIM 17208153058 dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Spiritual, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi adanya aktivitas belajar biologi yang kompleks. Sehingga dibutuhkan karakter atau kepribadian yang cerdas untuk menghadapinya dalam aktivitas belajar biologi. Dengan keberadaan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dapat meningkatkan kualitas kepribadiannya sehingga dapat mengatasi hambatan dalam aktivitas belajar biologi. Sehingga pada gilirannya akan memberikan pengaruh pada dorongan atau motivasi belajar dan hasil belajar biologi yang diraih di sekolah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019. (4) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019. (5) Untuk mengetahui kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019. (6) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/2019. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian koresional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol tahun ajaran 2018/201 9 Yang terdiri dari 10 kelas. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh satu kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII A. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan motivasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sumbergempol yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar biologi siswa serta foto-foto penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai thitung > ttabel atau 3,262 > 1,694 pada taraf signifikansi 5%, yang artinya ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sumbergempol, (2) hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,680 > 1,694 pada taraf signifikansi 5%, yang artinya ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 1 Sumbergempol, (3) hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai thitung > ttabel atau 3,525 > 1,694 pada taraf signifikansi 5% yang artinya ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sumbergempol, (4) hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,834 > 1,694 pada taraf signifikansi 5% yang artinya ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 1 Sumbergempol, (5) hasil uji regresi berganda diperoleh nilai fhitung > ftabel atau 6,050 > 3,305 yang artinya ada penagaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol, (6) hasil uji regresi linier berganda diperoleh nilai fhitung > ftabel atau 3,931 > 3,305 pada taraf signifikansi 5% yang artinya ada pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153058 MUHAMMAD WILDANA FIKRIA ZULHIDHA
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:17
Last Modified: 14 Jan 2020 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item