PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

MUFTIHUL AZIZ, 17201153429 (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SAH.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Muftihul Aziz, NIM. 17201153429, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Zainudin, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami Siswa. Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan semakin majunya teknologi dan ilmu pengetahuan serta adanya globalisasi. Semakin berkembangnya teknologi terutama dalam hal komunikasi memungkinkan banyak informasi dari daerah satu ke daerah lainnya, maupun dari negara satu dengan negara lainnya dapat diakses dengan mudah melalui internet. Kemajuan-kemajuan dalam bidang komunikasi tersebut memudahkan segala informasi dari dunia luar termasuk informasi tentang budaya, sosial, dan lain-lain dapat dengan mudah masuk ke masyarakat Indonesia yang secara tidak langsung dapat menambah wawasan bagi masyarakat indonesia itu sendiri. Dengan adanya kemudahan akses informasi tersebut, banyak informasi-informasi bersifat negatif yang dapat berdampak pada perilaku masyarakat terutama kalangan remaja yang masih dalam masa pendidikan. Oleh karena itu, dipandang perlu upaya menggali berbagai pengetahuan guna menangkal dampak negatif dari globalisasi tersebut. Dalam hal ini, peneliti menggali data yang berkaitan dengan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Fokus penelitian yang peneliti ambil antara lain: 1) Bagaimana hambatan guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung?, 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung?, 3) Bagaimana dampak pendidikan agama islam dalam upaya meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa, untuk mengetahui bagaimana atau apa saja hambatan yang dihadapi guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku Islami siswa, serta untuk mengetahui bagaimana dampak peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti mengunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penggalian data yang telah peneliti peroleh dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Hambatan yang dialami guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku Islami Siswa adalah motivasi dari siswa itu sendiri. Hal tersebut tak lepas dari pengaruh lingkungan serta pengaruh bekal pendidikan dari keluarga siswa itu sendiri. Dalam mengangani hambatan tersebut, guru PAI menggunakan pendekatan serta motivasi intern kepada siswa yang bersangkutan. 2) Guru Agama Islam dalam perannya meningkatkan perilaku islami dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran, baik pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Contoh kegiatan yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa antara lain; program literasi Al-Quran, program 3S (Senyum, Salam, Sapa), pengajian rutin tiap hari jum’at, serta pengajian pada hari sabtu di minggu akhir bulan. 3) Dampak yang dihasilkan dari peran guru dalam meningkatkan perilaku Islami pada diri siswa dapat dilihat dari segi pakaian siswa. 90% siswa perempuan di SMPN 1 Ngantru Tulungagung memakai jilbab. Dampak lain yang bisa peneliti lihat adalah tingkat pertisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan cukup tinggi, hal tersebut dapat dilihat pada banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 17201153429 MUFTIHUL AZIZ
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:09
Last Modified: 31 Mar 2020 02:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item