IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENGGUNA MENGHADAPI ERA DISRUPSI STUDI MULTIKASUS DI MAN TEMBORO DAN MAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN JAWA TIMUR

MUCHLIS ANSHORI, 17501165009 (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENGGUNA MENGHADAPI ERA DISRUPSI STUDI MULTIKASUS DI MAN TEMBORO DAN MAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN JAWA TIMUR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Konteks penelitian dalam penulisan disertasi ini bahwa madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki strategi pemasaran untuk memperkenalkan kepada para pengguna agar madrasah menjadi pilihan dalam melanjutkan pendidikan. Pada dasarnya kualitas pada madrasah sudah baik hal ini dibuktikan dengan adanya prestasi-prestasi yang selama ini telah diraih oleh para peserta didik yang belajar di madrasah. Hal ini membuktikan bahwa madrasah telah berkembang dan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan yang lain, salah satunya dalam mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini agar madrasah mampu mengatur strategi pemasaran pendididikan Islam dengan baik. Implementasi strategi pemasaran pendidikan Islam pada dasarnya untuk memberikan sosialisasi madrasah kepada lembaga pendidikan maupun pengguna agar produk, biaya, keberadaan madrasah dan sistematika dalam kegiatan promosi dapat diterima ditengah-tengah masyarakat secara luas. Pendekatan dalam penelitian disertasi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif mengembangkan adanya berbagai arti tentang individu serta peristiwa dengan berupaya mewujudkan dalam konteks yang selaras. Jenis penelitian ini menggunakan fenomenologis, yaitu seorang peneliti dalam melaksanakan penelitian dengan jenis penelitian fenomenologis harus berupaya untuk dapat memahami arti dari suatu kejadian-kejadian serta relevan terhadap situasi tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Temuan penelitian menjelaskan (1) implementasi strategi penentuan produk pendidikan Islam dapat diterima oleh para pengguna karena dengan produk yang ada di madrasah telah banyak memberi kesempatan para siswa untuk berprestasi, (2) implementasi strategi penentuan biaya pendidikan Islam pada dasarnya menjadi salah satu alternatif bagi para pengguna yang berkeinginan biaya pendidikan dapat terjangkau, (3) implementasi strategi penentuan tempat pendidikan Islam menjelaskan bahwa banyak harapan dari para pengguna agar madrasah mempunyai asrama atau pengembangan pondok pesantren yang sudah ada sehingga menjadi solusi bagi siswa yang rumahnya jauh, (4) implementasi strategi penentuan promosi pendidikan Islam dengan diadakannya kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada lembaga pendidikan untuk memperkenalkan produk, biaya, dan keberadaan madrasah

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501165009 Muchlis Anshori
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:13
Last Modified: 31 Mar 2020 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14216

Actions (login required)

View Item View Item