IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MTsn 2 KOTA BLITAR

AHMAD FAHIM ROSYID, 17201153449 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI MTsn 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Fahim Rosyid, NIM. 17201153449, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Anissatul Mufarokah, S.Ag.,M.Pd. Kata kunci: Pendidikan Karakter Islami, Akhlaqul Karimah. Konteks Penelitian dalam skripsi ini adalah dilatarbelakangi oleh Realita yang dihadapi di masyarakat, khususnya pada siswa di usia remaja saat ini mulai kehilangan karakter-karakter islami, Pendidikan selama beberapa dekade belakangan ini bertumpu hanya pada aspek intelektualitas. Hal ini tampak pada berbagai kasus remaja yang diangkat oleh media massa, seperti minum minuman keras, penggunaan narkoba, kurangnya rasa hormat terhadap orang yang lebih tua dan pergaulan bebas. Kehidupan remaja saat ini mulai kehilangan nilai-nilai Islami yang seharusnya bisa membentengi diri dari perilaku-perilaku yang negatif dan menyimpang. Fokus Penelitian: (1). Bagaimana implementasi pendidikan karakter islami untuk meningkatkan akhlaqul karimah siswa di dalam kelas di MTsN 2 Kota Blitar? (2).Bagaimana implementasi pendidikan karakter islami untuk meningkatkan akhlaqul karimah siswa di luar kelas di MTsN 2 Kota Blitar?(3). Bagaimana kendala dalam Implementasi Pendidikan Karakter islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di MTsN 2 Kota Blitar ?.dan (4). Bagaimana solusi untuk menghadapi kendala dalam implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan akhlaqul karimah siswa di MTsN 2 Kota Blitar? Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1). Menganalisa Implementasi Pendidikan Karakter islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa dalam kelas di MTsN 2 Kota Blitar. (2). Menganalisa Implementasi Pendidikan Karakter islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa diluar kelas di MTsN 2 Kota Blitar. (3). Menganalisa kendala dalam Implementasi Pendidikan Karakter islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di MTsN 2 Kota Blitar. (4). Menemukan solusi untuk menghadapi kendala dalam implementasi pendidikan karakter islami dalam meningkatkan akhlaqul karimah siswa di MTsN 2 Kota Blitar Metode Penelitian: (1). Pendekatan: Kualitatif.(2) Jenis: Studi Kasus (2). Lokasi Penelitian: MTsN 2 Kota Blitar di Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. (3). Sumber Data: a. Data Primer: Guru Pendidikan Agama Islam, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Peserta Didik. B. Data Sekunder: Dokumentasi Madrasah. (4). Teknik Pengumpulan Data: observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. (5). Teknik Analisa Data: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penggalian data yang telah peneliti peroleh dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Implementasi Pendidikan Karakter Islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di dalam kelas di MTsN 2 Kota Blitar yaitu melalui kegiatan sholat dhuhur dan sholat dhuha berjamaah,hafalan Al Quran, PHBI dan lomba islami, dan juga pondok hafalan Al Quran. 2) Implementasi Pendidikan Karakter Islami untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di luar kelas di MTsN 2 Kota Blitar yaitu melalui tadarus Al Quran 15 menit sebelum pelajaran pertama dimulai, menghafalkan Al Quran selama 5 menit setiap pergantian jam pelajaran, mengintegrasikan mata pelajaran umum dengan nilai-nilai islami, memberikan nasehat agama kepada siswa setelah proses belajar mengajar, melatih siswa menjaga kebersihan. 3) Kendala dalam Implementasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Akhlaqul Karimah Siswa di MTsN 2 Kota Blitar adalah kemalasan siswa untuk melaksanakan kegiatan tadarus Al Quran, kurangnya motivasi dari dalam diri siswa, kurangnya pengendalian diri siswa. Sedangkan di luar kelas kendala yang dialami yaitu bentroknya jadwal kegiatan dengan kegiatan rutin, masih terdapat siswa yang kurang lancar dalam membaca Al Quran, dan bangunan masjid di MTsN 2 Kota Blitar belum bisa menampung keseluruhan siswa. 4) Solusi untuk menghadapi kendala dalam implementasi pendidikan karakter islami untuk meningkatkan akhlaqul karimah siswa di MTsN 2 Kota Blitar yaitu di dala kelas dengan memberikan nasehat dan peringatan baik secara lisan maupun tulisan kepada siswa. Sedangkan di luar kelas dengan mengatur ulang jadwal kegiatann melalui rapat guru setiap hari sabtu, mengadakan Bengkel Quran untuk siswa yang kurang lancar dalam membaca Al Quran, menjadwal kegiatan sholat berjamaah secara bergantian mulai dari kelas 7 sampai kelas 9 dan juga memberikan motivasi terhadap siswa yang bermasalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 17201153449 Ahmad Fahim Rosyid
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:52
Last Modified: 25 Mar 2020 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item