STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

IVAN NUR AZIZ, 17201153466 (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Strategi Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019" ini ditulis oleh Ivan Nur Aziz NIM. 17201153466, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhammad Asngad Rudisunhaji, S.Ag., M.S.I. Kata kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar. Penguasaan strategi guru merupakan kemampuan dasar dan vital yang harus dimiliki seorang pendidik guna mendukung ketercapaian kompetensi/subkompetensi dalam pembelajaran. Melalui penerapan strategi diharapkan seorang guru mampu mengorganisasi dan mengkoordinasi kemauan siswa untuk menyelesaikan tujuan pendidikannya, sehingga siswa dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan (enjoyfull learning), dan beraktifitas tinggi baik secara mental, fisik, sosial, maupun emosinya. Hal tersebut baru bisa dicapai jika didukung oleh kepribadian guru yang matang dan kesadaran untuk mengelola proses pembelajaran dengan menaati dan menetapkan azas-azas didaktik dalam setiap momentum yang tepat khususnya di ruang kelas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Rencana Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Tulungagung? (2) Bagaimana Metode Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Tulungagung? (3) Bagaimana Perangkat yang Direncanakan Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Tulungagung? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: (1) Untuk mengatahui Rencana Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Tulungagung. (2) Untuk mengetahui Metode Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Tulungagung. (3) Untuk Mengetahui Perangkat yang Direncanakan Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam pengumpulkan data. Tempat penelitian adalah Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Tulungagung. Sumber data penelitian dibagi menjadi 3 yaitu people (orang), place (tempat), dan paper (kertas). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi observasi terus menerus dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fokus, pertama diperoleh: guru merancang program kegiatan terlebih dahulu, mempersiapkan komponen-komponen pembelajaran, ceramah bervariasi, dan pemberian modul. Fokus yang kedua: guru mengamati peserta didik, memperhatikan pola belajar anak, menggunakan metode mengajar. Fokus yang ketiga, guru menggunakan perangkat pembelajaran yang tepat untuk mempermudah pembelajaran antara lain: silabus, RPP, Prota, Promes, Buku Absen, Buku Jurnal, Buku Penilaian, bundle portopolio, Bank Soal, Media.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153466 IVAN NUR AZIZ
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:37
Last Modified: 06 Jan 2020 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14184

Actions (login required)

View Item View Item