STRATEGI GURU IPA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KANIGORO BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

BAYU ERVAN HARDIANSYAH PUTRA, 17208153015 (2020) STRATEGI GURU IPA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KANIGORO BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPA Dalam Memotivasi Belajar Siswa kelas VII di SMPN 1 Kanigoro Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Bayu Ervan Hardiansyah Putra, NIM. 17208153015, pembimbing Dr. Agus Purwo Widodo, M.Pd. NIP. 19720417 200604 1 002 Kata kunci : Guru IPA, Strategi, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan serta masih adanya beberapa siswa kelas VII yang mengalami kekurangan minat belajar pada mata pelajaran IPA. Fenomena tersebut bisa terjadi karena pelajaran yang sulit, strategi yang kurang menarik maupun motivasi guru yang kurang kepada siswanya. Dalam hal ini seorang guru selalu mengharapkan agar siswa- sisanya mendapatkan suatu hasil belajar yang memuaskan serta maksimal. Oleh sebab itu, seorang guru memerlukan suatu strategi yang khusus untuk meningkatkan suatu motivasi belajar yang terkhusus pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMPN 1 Kanigoro Blitar. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru IPA dalam memotivasi belajar siswa di SMPN 1 Kanigoro Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru IPA dalam memotivasi belajar siswa di SMPN 1 Kanigoro Blitar? (3) Bagimana evaluasi strategi guru IPA dalam memotivasi belajar siswa di SMPN 1 Kanigoro Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi belajar pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Kanigoro Blitar. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan meneliti objek alami atau fakta-fakta yang ada di lapangan, selain itu peneliti juga menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 1 Kanigoro Blitar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi untuk mengamati, Sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali data dari sekolah. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Guru sebelum melakukan pembelajaran IPA merancang strategi pembelajaran yang akan dilaksanakan di dalam kelas sebagai berikut meliputi : Pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), PPP (Profil Pengembangan Pembelajaran), kalender akademik, program tahunan dan program semester, pekan efektif, dan silabus. (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru sesuai dengan perencanaan yaitu sebagai berikut pembelajaran yang sesuai dengan RPP, berpenampilan yang menarik, menggunakan pendekatan saintifik menggunakan berbagai media dan mertode, dan yang terakhir membangkitkan semangat serta motivasi melalui pendekatan seperti nasehat, hadiah dan lain-lain. (3) Guru melaksanakan evaluasi memperhatikan beberapa hal yaitu menggunakan tiga aspek: aspek kognitif, aspek efektif, aspek psikomotorik. Aspek kognitif meliputi seperti pemahaman, pengetahuan penerapan analisis maupun sintesis, kemudian dilihat dari aspek efektif meliputi tingkah laku seperti sikap maupun hubungan antara siswa satu dengan siswa yang lain. Sedangkan aspek psikomotorik yaitu mengenai skill atau kemampuan. Selain itu siswa juga diberikan ujian-ujian seperti ujian semester , ulangan harian ,lks dan sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153015 BAYU ERVAN HARDIANSYAH PUTRA
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:08
Last Modified: 08 Jan 2020 04:08
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item